SOLOPOS.COM - Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong memimpin latihan di Surabaya menjelang FIFA matchday melawan Turkmenistan, Senin (4/9/2023). (Istimewa/pssi.org).

Solopos.com, SOLOTimnas Indonesia akan memperoleh cukup banyak poin jika menang melawan Turkmenistan pada FIFA matchday yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jumat (8/9/2023) mendatang. Poin itu akan bisa mendongkrak ranking Indonesia di FIFA.

Informasi yang dihimpun Solopos.com dari sejumlah sumber, Selasa (5/9/2023), timnas Indonesia diprediksi akan memperoleh tambahan 5,41 poin jika nanti mengalahkan Turkmenistan.

Promosi Banjir Kiper Asing Liga 1 Menjepit Potensi Lokal

Apabila hasil akhirnya imbang, timnas Indonesia tetap mendapat tambahan poin, tetapi hanya 0,41 poin. Namun jika kalah, poin timnas Indonesia diprediksi akan berkurang 4,59 poin.

Sementara bagi Turkmenistan, apabila menang bakal mendapatkan 4,59 poin, jika imbang poin berkurang 0,41 poin. Sedangkan jika kalah dari Indonesia, Turkmenistan akan kehilangan 5,41 poin.

Dikutip dari laman resmi FIFA, fifa.com, timnas putra Indonesia saat ini berada di peringkat 150 dengan raihan 1.047,46 poin. Sementara, timnas putra Turkmenistan berada cukup jauh di atas Indonesia yakni di peringkat 138 dengan torehan 1.089,77 poin.

Dengan demikian, peringkat Indonesia bisa naik dua tingkat di peringkat 149 dengan raihan 1.52,87 poin menggeser Liberia yang saat ini tercatat memiliki 1.049,94 poin, jika menang melawan Turkmenistan. Hal itu bisa terjadi dengan asumsi poin negara lainnya tetap atau tidak berubah.

Layak ditunggu bagaimana hasil akhir timnas Indonesia vs Turkmenistan nanti dan ada tidaknya pergeseran ranking Indonesia di FIFA setelah pertandingan tersebut.

Sebagai informasi, FIFA akan memperbarui ranking dunia pada 21 September 2023 mendatang untuk timnas putra. Kemudian, FIFA akan kembali memperbarui ranking pada 20 November 2023.

Pada sisi lain, pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong telah memanggil 24 pemain untuk melakoni pemusatan latihan (TC) di Surabaya sebagai persiapan FIFA matchday melawan Turkmenistan.

Dikutip Solopos.com dari laman resmi PSSI, pssi.org, Selasa (5/9/2023), pelatih asal Korea Selatan itu memanggil pemain langganan timnas yang bermain di luar negeri seperti Asnawi Mangkualam (Jeongnam Dragons) dan Sandy Walsh (KV Mechelen).

Selain itu Jordi Amat (Johor Darul Ta’zim), Shayne Pattynama (Viking FK), Saddil Ramdani (Sabah FC), dan Saddil Ramdani (Sabah FC).

Shin Tae-yong juga memanggil sejumlah pemain lokal yang bermain di Liga 1 2023/2024, seperti si kembar Yakob dan Yance Sayuri, Dimas Drajad, dan lainnya.

Namun, kabar terbaru Shayne dan tiga pemain lokal tersebut kemungkinan besar tidak bisa memperkuat timnas Indonesia saat vs Turkmenistan yang dijadwalkan digelar pada pekan ini. Itu lantaran mereka mengalami cedera saat bermain di kompetisi.

Hal itu disampaikan Shin Tae-yong di sela-sela latihan perdana timnas Indonesia di Lapangan Thor, Surabaya, menjelang FIFA matchday, Senin (4/9/2023).

Sebagai ganti mereka, Shin Tae-yong memanggil beberapa pemain timnas U-23 Indonesia yang akan menjalani laga babak kualifikasi Piala Asia U-23 2024 di Stadion Manahan Solo pada 9 dan 12 September. Mereka akan menyusul dari Solo Surabaya.

“Tidak ada wajah baru, kita cuma satu kali pertandingan melawan Turkmenistan jadi kita akan panggil dari tim U-23 yakni [Alfeandra] Dewangga, Donny, dan Dzaky [Asraf],” imbuh Shin Tae-yong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya