SOLOPOS.COM - Jonathan Rea (Kawasaki Racing) dan Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha Prometeon) melaju di sesi latihan bebas WSBK di Sirkuit Donington Park, Inggris, Jumat (30/6/2023). (Antara/HO/WSBK)

Solopos.com, JAKARTA – Pembalap Jonathan Rea (Kawasaki Racing) dan Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha Prometeon) memimpin jalannya hari pertama kejuaraan World Superbike (WSBK) di Sirkuit Donington Park, Inggris, Jumat (30/6/2023).

Dikutip dari Antara, Sabtu (1/7/2023), Rea menjadi yang tercepat pada sesi latihan bebas (free practice) pertama meskipun hujan mengguyur dan memengaruhi jalannya sesi FP2 dengan trek yang basah.

Promosi Gonta Ganti Pelatih Timnas Bukan Solusi, PSSI!

“Itu adalah hari yang aneh karena pagi ini, meski dengan kondisi campuran, Anda tidak ingin menjadi orang pertama yang mengetahui licinnya (lintasan). Jadi saya jauh lebih berhati-hati, mencoba membuka jalan saya di trek,” ungkap Rea.

Rea mengatakan ia dan tim akan berusaha untuk mempelajari kondisi trek lebih lanjut karena sirkuit baru saja melakukan penyegaran untuk aspalnya, ditambah dengan kondisi cuaca yang bisa berubah tiba-tiba.

“Kami akan membutuhkan lebih banyak waktu, yang berarti FP3 pada pagi mendatang sangat penting untuk membuat keputusan yang bagus dan terbaik untuk pengaturan balapan kami,” ujarnya menambahkan.

Sementara itu, Toprak finis hanya terpaut 0,012 detik dari waktu tercepat dengan putaran FP2 terbaiknya. Philipp Oettl dari Tim GoEleven mengamankan posisi ketiga, menjadikannya pembalap Ducati tercepat di hari itu.

Pembalap Inggris Bradley Ray (Yamaha Motoxracing) dan Alex Lowes (Kawasaki Racing) masing-masing mengamankan tempat kelima dan keenam.

Berbagai kondisi dan jarak tempuh yang terbatas membuat pemimpin kejuaraan Alvaro Bautista (Aruba.it Ducati) finis kedelapan di hari itu. Juara bertahan tersebut membukukan waktu tercepat kedelapan, dengan 0,516 detik di belakang Rea yang memimpin jalannya sesi latihan bebas.

Sementara itu, Sirkuit Donington Park Inggris menggelar putaran keenam dari kejuaraan WSBK musim ini dan akan bergulir hingga Minggu (2/7/2023). Putaran berikutnya akan berlanjut di Italia pada 14 hingga 16 Juli 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya