SOLOPOS.COM - Pesepak bola Timnas Indonesia Fachruddin Aryanto (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Thailand Chanatip Songkrasin (kanan) dalam pertandingan Babak Final Leg 1 Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Rabu (29/12/2021). ANTARA FOTO/Flona Hakim/app/aww.

Solopos.com, SINGAPURA – Timnas Indonesia gagal menjadi juara Piala AFF 2020 setelah bermain imbang 2-2- pada leg kedua babak final melawan Thailand. Indonesia kalah agregat 2-6.

Dalam pertandingan yang dilangsungkan di Stadion Nasional, Singapura, (1/1/2022) malam WIB, Indonesia mencoba menyerang sejak awal. Namun pressing ketat Thailand membuat Tim Garuda kesulitan.

Promosi Tragedi Bintaro 1987, Musibah Memilukan yang Memicu Proyek Rel Ganda 2 Dekade

Indonesia akhirnya bisa memecah kebuntuan pada menit ketujuh. Ricky Kambuaya melepaskan tembakan keras dari kotak penalti coba ditangkap kiper Thailand. Namun bola malah masuk ke gawang.

Baca Juga: Prediksi Leg II Final Piala AFF 2020 Indonesia vs Thailand

Pada menit ke-11, Thailand nyaris menyamakan kedudukan. Supachok mendapat bola liar di kotak penalti. Tapi tembakannya masih mengenai mistar gawang. Pada menit ke-19, Thailand kembali mendapat peluang. Kali ini Thanawat melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti. Beruntung Nadeo masih sigap menepis bola.

Setelah itu, Indonesia masih mencoba menyerang mengandalkan kecepatan para pemain sayapnya. Di sisi lain, Thailand juga memiliki sejumlah peluang berbahaya. Namun lini belakang Indonesia masih sigap menghalau bola. Hingga jeda turun minum, Indonesia tetap unggul 1-0.

Di babak kedua, Thailand mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-54. Berawal dari Bordin Phala yang lepas dari penjagaan melepaskan tembakan keras. Bola bisa ditepis Nadeo, namun bola muntah disambar Adisak Kraisom yang berbuah gol.

Thailand bahkan mampu berbalik unggul 2-1, dua menit kemudian. Sarach Yooyen melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Bola mengenai kaki Asnawi yang malah mengecoh Nadeo.

Indonesia sempat mendapat dua peluang setelahnya. Sundulan Dewangga masih menyamping tipis, sementara tembakan keras Hanis Sagara di kotak penalti masih melambung di atas gawang.

Setelah itu, Indonesia justru kesulitan. Malah Thailand yang mampu mendominasi permainan. Indonesia baru bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-80. Menerima umpan dari Witan Sulaeman, Egy melepaskan tembakan keras yang gagal diantisipasi kiper lawan. Skor menjadi 2-2 dan bertahan hingga laga usai.

Baca Juga: Eko Purdjianto Beberkan Kunci Sukses Persis Solo Juara Liga 2

Hasil ini membuat Thailand berhasil merengkuh gelar juara Piala AFF 2020. Tim Gajah Perang menang agregat 6-2 setelah pada leg pertama menang dengan skor 4-0 atas Indonesia.

Susunan Pemain

Thailand: Siwarak Tedsungnoen, Theerathon Bunmathan, Narubadin Weerawatnadom, Pawee Tanthamee, Kritsada Kaman, Sarach Yooyen, Thanawat Suengchittawon,m Chanatip Songkrasin, Bordin Phala, Supachok Sarachat, Teerasil Dangda

Indonesia: Nadeo Argawinata, Fachruddin Aryanyo, Alfreandra Dewangga, Asnawi Mangkualam, Pratama Arhan, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Egy Maulana Vikri, Ramai Rumakiek, Witan Sulaeman, Dedik Setiawan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya