SOLOPOS.COM - Bek Timnas Indonesia milik PSIS Semarang, Pratama Arhan. (Instagram @pratamaarhan8)

Solopos.com, SEMARANG — Indonesia memang gagal meraih gelar juara Piala AFF 2020 setelah di laga final kalah dari Thailand dengan agregat 2-6. Meski demikian, Indonesia mampu mengirimkan satu pemainnya meraih gelar pemain muda terbaik di turnamen sepak bola paling bergengsi di Asia Tenggara tersebut.

Gelar pemain muda terbaik di Piala AFF 2020 diraih bek Timnas Indonesia yang saat ini berstatus sebagai pemain PSIS Semarang, Pratama Arhan. Pemain kelahiran Blora, Jawa Tengah (Jateng), 21 Desember 2001 itu dinobatkan sebagai pemain muda terbaik berdasarkan polling yang digelar selama berlangsungnya turnamen.

Promosi Yos Sudarso Gugur di Laut Aru, Misi Gagal yang Memicu Ketegangan AU dan AL

Dikutip dari keterangan resmi AFF 2020, dalam polling itu Arhan meraih suara terbanyak dengan total raihan 60.122 suara. Ia mengungguli dua rekan senegaranya, yakni Witan Sulaeman, dan bek lainnya dari PSIS Semarang, Alfreandra Dewangga, yang menempati urutan kedua dan ketiga.

Baca juga: Pratama Arhan, Cah Blora Bawa Timnas Indonesia ke Final Piala AFF 2020

Sementara pemain Thailand, Thanawat Suengchitthawon, menempati urutan keempat sebagai pemain muda terbaik Piala AFF 2020, mengungguli pemain Kamboja, Sieng Chanthea, yang harus puas di posisi kelima.

Sepanjang turnamen Piala AFF 2020, Arhan memang tampil cukup impresif. Ia memberikan kontribusi besar bagi Indonesia hingga melaju ke partai puncak.

Pemain yang memiliki ciri khas lemparan bola ke dalam yang panjang itu selalu menjadi ancaman bagi lawan-lawan Indonesia. Makanya, tak heran jika pemain berusia 20 tahun itu selalu dipercaya pelatih Shin Tae-yong menjadi starter dalam enam laga, dari delapan laga yang dilakoni Indonesia.

Namun, Arhan absen dalam laga final leg pertama Piala AFF 2020 antara Indonesia dengan Thailand di Stadion Nasional Singapura, Kamis (30/12/2021), karena akumulasi kartu. Dalam laga tersebut, Indonesia pun harus mengakui keunggulan Thailand dengan skor telak 0-4.

Baca juga: Moncer di Piala AFF, Pratama Arhan Masuk Daftar Pemain Termahal Liga 1

Pada final leg kedua Piala AFF yang juga berlangsung di Stadion Nasional Singapura, Arhan kembali tampil. Penampilannya itu pun memberikan kontribusi besar bagi Indonesia hingga mampu menahan imbang Thailand dengan skor 2-2.

Salah satu kontribusi nyata Arhan bagi Indonesia di Piala AFF 2020 adalah golnya ke gawang Singapura pada laga leg kedua semifinal. Saat itu, Indonesia tertinggal 1-2 dari Singapura, sebelum akhirnya gol Arhan menyamakan kedudukan menjadi 2-2 hingga laga berlanjut ke babak ekstra time. Di masa perpanjangan waktu, Indonesia akhirnya mampu menyudahi perlawanan Singapura dengan skor 4-2.

Bagi Arhan, penampilan di Piala AFF 2020 ini merupakan yang kali pertamanya. Selama turnamen Arhan tercatat memenangkan 80% tekel. Ia juga mencatatkan 76% akurasi dari 178 operan sepanjang keikutsertaannya di Paiala AFF 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya