SOLOPOS.COM - Kiper Timnas Indonesia Nadeo Argawinata (kedua kanan) bersama rekan-rekannya duduk lesu seusai kalah dari Timnas Vietnam dalam pertandingan leg 2 babak Semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Senin (9/1/2023). (Antara/Aditya Pradana Putra)

Solopos.com, HANOI—Shin Tae-yong meminta maaf karena gagal membawa Timnas Indonesia lolos ke final Piala AFF 2022. Permintaan maaf itu ditujukan kepada seluruh masyarakat Indonesia khususnya suporter Tim Garuda.

Indonesia tersingkir di semifinal Piala AFF 2022 setelah dikalahkan Vietnam dengan agregat 0-2. Bermain imbang 0-0 melawan Vietnam pada leg 1 semifinal di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Indonesia takluk 0-2 pada leg 2 semifinal di My Dinh Stadium Hanoi.

Promosi Ijazah Tak Laku, Sarjana Setengah Mati Mencari Kerja

“Ketika kalah, tidak ada kata lain selain maaf. Kami mengecewakan suporter yang ada di Indonesia,” ujar Shin Tae-yong seusai pertandingan di My Dinh Stadium, Hanoi, Senin (9/1/2023) malam, seperti dilansir dari Antara.

Menurut juru taktik asal Korea Selatan itu, ketidakberhasilan tersebut menunjukkan sepak bola Indonesia masih memiliki banyak pekerjaan rumah. Skuat Garuda harus terus berupaya keras demi meraih prestasi demi prestasi.

“Saya, dan kami, harus terus bekerja untuk mengembangkan sepak bola Indonesia,” kata Shin.

Sementara terkait perbedaan kualitas timnya dengan Vietnam sehingga mereka kalah dua gol tanpa balas, Shin Tae-yong enggan melakukan penilaian instan. “Saya harus menganalisisnya karena belum yakin,” tutur pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

Tim nasional Indonesia gagal melaju ke semifinal Piala AFF 2022 seusai ditaklukkan tuan rumah Vietnam dengan skor 0-2. Dua gol Vietnam diborong penyerang Nguyen Tien Linh, pada laga leg 2 semifinal di My Dinh Stadium, Hanoi, Senin (9/1).

Indonesia pun tidak bisa memenuhi target PSSI untuk menjadi juara Piala AFF 2022.

Adapun Vietnam akan tampil di final melawan pemenang dari semifinal lainnya yang mempertemukan Malaysia dan Thailand.

Pertandingan leg kedua semifinal Thailand vs Malaysia digelar pada Selasa (10/1) di Thammasat Stadium, Rangsit, Thailand. Pada leg pertama semifinal di Kuala Lumpur, Malaysia mengalahkan Thailand 1-0.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya