SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Menpora Dito Ariotedjo (kanan), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kedua kiri) dan Menteri BUMN Erick Thohir (kiri) menyampaikan keterangan pers seusai meresmikan Indonesia Arena atau Indoor Multifunction Stadium (IMS) di kawasan GBK, Jakarta, Senin (7/8/2023). Presiden Jokowi mengatakan stadion berkapasitas 16.000 penonton tersebut utamanya akan digunakan untuk turnamen basket, tapi juga bisa untuk pertandingan bulu tangkis, bola voli, futsal dan konser musik. (Antara/Dhemas Reviyanto)

Solopos.com, JAKARTA – Menpora Dito Ariotedjo pada Selasa (15/8/2023), menyatakan pemerintah merestui rencana pengajuan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia Voli 2025.

Menpora meminta Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) menyampaikan apa saja yang dibutuhkan dan apa saja yang dipersiapkan dalam rangka menjadi tuan rumah Piala Dunia Voli tersebut, khususnya dalam proses bidding.

Promosi Selamat Datang di Liga 1, Liga Seluruh Indonesia!

“Saya diminta untuk mengoordinasikan persiapan dan kesiapan yang dibutuhkan PP PBVSI. Dari sisi pemerintah harus segera kita persiapkan,” kata Menpora Dito dikutip dari Antara.

Menpora Dito mengatakan pemerintah saat ini mengupayakan Indonesia bisa menjadi tuan rumah kejuaraan-kejuaraan dunia, khususnya cabang-cabang olahraga yang dianggap populer, seperti bola voli.

“Saya rasa komitmen pemerintah untuk olahraga voli ini sangat tinggi. Ini kesempatan yang juga harus diraih PP PBVSI. Jadi ke depan saya harap komunikasi dan koordinasinya kita intenskan,” ujar Menpora Dito.

Lebih lanjut, Menpora mendorong daerah dapat memiliki arena olahraga voli yang mampu menampung jumlah penonton dalam kapasitas yang besar, setidaknya satu arena di setiap pulau. Hal itu, menurut Menpora, sebagai upaya untuk memajukan olahraga voli agar lebih merata agar nantinya dalam penyelenggaraan liga dapat membawa pemasukan yang tinggi bagi daerah.

“Jadi nantinya liga makin sehat, klubnya juga makin sehat, pasti akan menghasilkan atlet-atlet yang lebih baik,” kata Menpora Dito.

Kemenpora bersama PBVSI mendorong peningkatan olahraga voli, baik itu dari segi, pembinaan, infrastruktur, hingga ekosistemnya. Hal itu pula yang mendasari Menpora mendorong digelarnya Piala Dunia Voli 2025 di Indonesia dengan harapan dapat memberi dampak positif bagi Indonesia.

“Ini adalah salah satu komitmen bagaimana pemerintah ingin olahraga voli ini lebih tinggi prestasinya dan lebih masif di masyarakat,” ujar Menpora Dito.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya