SOLOPOS.COM - Timnas Indonesia yang bertanding di Asian Games Hangzhou China 2022 yang digelar September-Oktober 2023. (Istimewa/pssi.org).

Solopos.com, SOLOTimnas Indonesia harus menerima kenyataan kalah di tangan Korea Utara (Korut) pada laga terakhir penyisihan Grup F Asian Games Hangzhou China 2022, Minggu (24/9/2023). Kendati kalah, Indonesia tetap lolos ke babak 16 besar dengan mengisi salah satu satu dari empat slot peringkat tiga terbaik.

Pada pertandingan yang digelar di Zhejiang Normal University East Stadium dan disiarkan langsung RCTI itu, skuad Garuda takluk dengan skor 0-1.

Promosi Vonis Bebas Haris-Fatia di Tengah Kebebasan Sipil dan Budaya Politik yang Buruk

Gol tunggal Korea Utara dicetak Kim Yu-song pada menit ke-40. Tim asuhan Shin Yong-nam sempat menambah keunggulan di akhir babak pertama, namun wasit menganulirnya karena pelanggaran offside.

Ini merupakan kekalahan kedua yang diderita tim asuhan Indra Sjafri. Sebelumnya, Rizky Ridho dan kawan-kawan tanpa diduga kalah 0-1 dari China Taipei (Taiwan) pada laga kedua penyisihan Grup F,  tim yang pada ajang kualifikasi Piala Asia U-23 2024 lalu dibantai tim Merah Putih dengan skor 9-0.

Hasil ini membuat Indonesia berada di peringkat tiga klasemen akhir Grup F dengan torehan tiga poin hasil dari satu kali kemenangan di laga pertama saat melawan Kirgizstan.

Jumlah poin sama dengan milik Kirgizstan yang baru saja menang 4-1 atas Taiwan. Sebenarnya selisih gol Indonesia dan Kirgizstan sama-sama nol. Tetapi, Indonesia kalah dalam produktivitas gol (Indonesia mencetak dua gol, Kirgizstan memasukkan empat gol).

Korea Utara yang menang dalam tiga pertandingan fase grup memimpin klasemen dengan mengoleksi sembilan poin.

Sementara, Taiwan dipastikan pulang lebih cepat lantaran menjadi juru kunci. Taiwan menorehkan tiga poin tetapi kalah dari Indonesia yang lebih baik dalam selisih gol (Taiwan -4, Indonesia 0).

Dengan demikian, Korea Utara otomatis lolos dari jalur juara grup (6 slot), Kirgizstan lewat jalur runner up (6 slot), dan Indonesia lolos dengan mengisi slot peringkat tiga terbaik (4 slot).

Lantas bagaimana Indonesia bisa lolos ke 16 besar? Begini penjelasannya.

Sebagai informasi, Indonesia bersaing mendapatkan satu dati empat tiket 16 besar dari jalur peringkat tiga terbaik dengan tim di Grup A, B, D, E, dan F.

Grup C tak ikut bersaing memperebutkan tiket peringkat tiga terbaik ke babak 16 besar karena hanya diisi dua tim (Uzbekistan dan Hong Kong). Otomatis dua tim itu lolos ke babak 16 besar.

Pada sisi lain, Grup D hanya dihuni tiga tim (Jepang, Palestina, dan Qatar). Qatar sudah memainkan dua pertandingan dan mendapatkan satu poin. Sementara, Indonesia yang berada di peringkat tiga mendapatkan tiga poin.

Jepang dan Palestina menjalani pertandingan terakhir hari ini. Namun, apa pun hasil pertandingan itu tak membuat peringkat tiga lolos ke 16 besar lantaran kalah poin dengan Indonesia.

Dengan demikian, peringkat tiga terbaik yang lolos ke 16 besar adalah tim dari Grup A, B, E, dan F. Itu termasuk Indonesia yang berada di Grup F.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya