SOLOPOS.COM - Sejumlah pesepak bola Timnas Indonesia bersujud syukur usai membobol gawang Timnas Laos di dalam babak pertama pertandingan grup B Piala AFF 2020 di Stadion Bishan, Singapura, Minggu (12/12/21). Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Laos 5-1. ANTARA FOTO/Humas PSSI/app/hp.

Solopos.com, SOLO — Timnas Indonesia berada di peringkat pertama Grup B Piala AFF 2020 setelah menang dengan skor meyakinkan 5-1 saat menghadapi Laos di Bishan Stadium, Singapura, pada Minggu (12/12/2021) malam.

Kemenangan Indonesia atas Laos membuat Evan Dimas dkk. mengoleksi enam poin dari kemenangan dua laga.

Promosi Yos Sudarso Gugur di Laut Aru, Misi Gagal yang Memicu Ketegangan AU dan AL

Saat ini tengah berlangsung pertandingan antara Malaysia melawan Vietnam. Hingga lewat menit ke-30 Vietnam unggul dengan skor 2-0 atas Harimau Malaya, julukan Malaysia.

Indonesia unggul dalam produktivitas gol dari Malaysia di posisi kedua. Indonesia tercatat memasukkan sembilan gol dan tiga kali kebobolan. Sedangkan Malaysia tercatat mencetak tujuh gol dan sekali kebobolan. Dua kemenangan awal menjadi modal bagus skuat Garuda sebelum menghadapi tim kuat Vietnam pada Rabu (15/12/2021) mendatang.

Permainan dominan Timnas Indonesia terlihat sejak jalannya babak pertama. Namun anak-anak asuhan Shin Tae-yong itu masih kerap membuang peluang yang didapat seperti saat melawan Kamboja, Kamis (9/12/2021) lalu.

Timnas Senior Indonesia membuka keunggulan setelah pemain Laos Kydavone Souvanny menjatuhkan Alfeandra Dewangga di kotak penalti pada menit ke-22. Asnawi Mangkualam yang bertugas sebagai eksekutor penalti menyepak bola dengan keras dan mengubah skor jadi 1-0 untuk keunggulan Indonesia.

Menit ke-34, Indonesia berhasil menggandakan skor lewat umpan lambung Asnawi dari sisi kanan yang sukses dikonversi gol oleh Irfan Jaya.

Tipiskan Ketertinggalan

Meskipun hanya menunggu serangan balik sepanjang paruh pertama, Laos berhasil menebar ancaman melalui Billy Ketkeophomphone. Billy mengirim operan ke Kydavonne Souvanny lalu Laos pun berhasil menipiskan ketertinggalan mereka pada menit ke-40 dan skor 2-1 bertahan sampai half-time.

Pemain pengganti Witan Sulaeman sukses mencetak gol ketiga untuk Timnas Indonesia menit ke-56. Witan tiba-tiba muncul dari second line dengan menerima umpan cantik Irfan Jaya.

Pelatih Shin Tae-yong lantas menurunkan Ezra Walian dan Fachruddin Aryanto untuk menggantikan Dedik Setiawan dan Rizky Ridho. Pergantian itu menunjukkan pelatih asal Korea Selatan itu ingin terus menekan skuat Laos.

Ezra kemudian mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-77 setelah kerja sama Ricky Kambuaya dengan Witan diakhiri dengan umpan silang.

Crossing itu berhasil disambut dengan sempurna oleh Ezra dengan tendangan keras. Gol kelima Indonesia tercatat pada menit ke-84 lewat kapten, Evan Dimas.

Gelandang Bhayangkara FC berusia 26 tahun itu bisa lepas dari pengawalan bek Laos saat mendapat umpan dari Alfeandra Dewangga.

Dari catatan statistik, penguasaan bola Indonesia mencapai 75 persen sedangkan Laos hanya 25 persen. Indonesia juga sukses membuat 586 operan dengan tingkat berhasil 86 persen sedangkan Laos hanya 198 umpan dengan tingkat berhasil 58 persen. Irfan Jaya keluar sebagai pemain terbaik laga itu.

“Penggawa Garuda kembali terpilih menjadi pemain terbaik lewat penampilan cantik Irfan Jaya. Tetap fokus untuk menatap laga selanjutnya. Lima gol menjadi ujung pertandingan,” tulis akun ofisial PSSI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya