SOLOPOS.COM - Jagoan tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung, sukses menundukkan tuan rumah Goh Jin Wei untuk melaju ke babak perempat final Malaysia Open 2024, Kamis (11/1/2024). (pbsi.id)

Solopos.com, SWISS — Tiga wakil Indonesia melaju ke babak final Swiss Open 2024 setelah mengalahkan lawan masing-masing, Sabtu (23/3/2024) waktu setempat.

Mereka adalah tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung, ganda putra Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri serta ganda putri Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto.

Promosi Berteman dengan Merapi yang Tak Pernah Berhenti Bergemuruh

Gregoria Mariska Tunjung melanjutkan langkahnya ke babak final Swiss Open 2024 setelah memenangkan pertandingan semifinal atas pemain Jepang Nozomi Okuhara.

Ganda putra Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri memastikan tempat di babak final setelah mengalahkan kompatriotnya, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

Sedangkan ganda putri Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto melaju ke final seusai menumbangkan kompatriotnya, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti.

Gregoria yang turun sebagai unggulan kedua dalam turnamen ini, menang atas Okuhara melalui dua gim langsung, 21-15, 21-17 dalam tempo 45 menit.

Gregoria memegang kontrol permainan sejak awal gim pertama.

Namun, Okuhara memberikan perlawanan yang mampu mengimbangi kontrol Gregoria, sampai akhirnya sang wakil Jepang merebut interval gim pertama.

Selepas turun minum, pertandingan masih berlangsung ketat, dengan kedua pemain saling berebut poin dan papan skor seringkali menunjukkan angka yang sama.

Namun Gregoria tidak lengah bermain lebih sabar untuk kembali menyamakan dan membalikkan kedudukan.

Setelah menyamakan skor 14-14, Gregoria meraih 6 angka beruntun yang membawanya meraih matchpoint dan kemenangan gim pertama 21-15.

Berbekal kepercayaan diri di gim pertama, Gregoria tampil lebih solid dan kembali memegang kontrol permainan dengan baik.

Tunggal putri peringkat delapan dunia itu mampu unggul jauh dari Okuhara dan mempertahankannya hingga akhir gim kedua, dengan skor 21-17.

Sementara pasangan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri mengalahkan kompatriotnya, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin 21-19, 21-15.

Bagas/Fikri yang merupakan unggulan pertama dalam turnamen ini tampil menekan dan agresif sejak awal gim pertama.

Sempat unggul cukup jauh 7-4, Bagas/Fikri kemudian tidak berkutik dengan ganda putra unggulan ketiga yang berhasil menyamakan kedudukan 7-7.

Sejak saat itu, kedua pasangan saling berebut angka dengan ketat, sebelum akhirnya Bagas/Fikri merebut interval gim pertama 11-10.

Selepas turun minum, pasangan berjuluk BaKri itu mencoba mempertahankan dominasi mereka.

Namun, sang juara bertahan Indonesia Masters tak kehilangan fokus dan mencoba untuk kembali mengejar dan menyamakan kedudukan 18-18.

Di poin-poin tua, permainan berlangsung lebih cepat, dan akhirnya Bagas/Fikri memenangkan gim pertama dengan skor tipis 21-19.

Di gim kedua, kedua pasangan kembali terlibat dalam perburuan poin yang ketat.

Papan skor beberapa kali menunjukkan angka yang sama sebelum akhirnya Bagas/Fikri kembali merebut interval gim kedua.

Setelah jeda, juara All England Open 2022 itu mencoba kembali menekan rekan satu negaranya, dan hal tersebut terbukti membuahkan hasil.

Bagas/Fikri sempat unggul cukup jauh 17-12 dari The Babies, dan terus mempertahankan dominasinya sampai menutup gim kedua dengan kemenangan 21-15.

Lanny/Ribka Melaju

Sementara ganda putri Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto mengalahkan kompatriotnya, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti untuk melaju ke final.

Lanny/Ribka menang atas unggulan pertama melalui rubber game 13-21, 21-10, 23-21 dalam tempo 74 menit.

Apri/Fadia tampil begitu mendominasi pada gim pertama.

Meskipun perebutan angka berlangsung sengit di awal gim, selepas interval gim pertama 11-8, Apri/Fadia mampu mempertahankan performa mereka dengan tidak memberikan kesempatan bagi Lanny/Ribka untuk mengembangkan permainan.

Lanny/Ribka kesulitan mengejar ketertinggalan mereka dari pasangan ganda putri peringkat sembilan dunia tersebut, hingga akhirnya Apri/Fadia membungkus kemenangan gim pertama dengan skor 21-13.

Di gim kedua, Lanny/Ribka tampil lebih solid dan konsisten, sehingga jalannya pertandingan pun menjadi berbalik kedudukan dari gim sebelumnya.

Apri/Fadia cukup banyak melakukan kesalahan sendiri yang membuat Lanny/Ribka mendapatkan poin-poin mudah.

Pasangan peringkat 32 dunia itu pun kemudian memanfaatkan kesempatan itu dan semakin memperlebar jarak poin mereka dari Apri/Fadia.

Mulai dari 11-4, 15-6, 18-8, hingga mereka memaksakan rubber game setelah memenangkan gim kedua 21-10.

Gim pamungkas pun berlangsung lebih seru. Kedua pasangan saling berebut poin sejak pertandingan dimulai.

Apri/Fadia sempat unggul di awal gim 10-5, tapi Lanny/Ribka tak jatuh dalam tekanan dan merebut interval dengan skor ketat 11-10.

Sisa pertandingan pun kembali berlangsung sengit. Namun, Lanny/Ribka mampu mempertahankan keunggulan sementara hingga 16-12, sebelum akhirnya Apri/Fadia mengejar dan menyamakan kedudukan 16-16.

Beberapa kali papan skor menunjukkan angka sama. Matchpoint pertama diraih oleh Lanny/Ribka 20-18, dan Apri/Fadia menyamakan skor 20-20.

Dengan kesabaran, akhirnya Lanny/Ribka membungkus kemenangan di semifinal 23-21 dan berhak maju ke babak final esok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya