SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA — Siapa kiper yang bakal menjaga gawang pada perhelatan Pra Piala Asia 2015 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Sabtu (23/3/2013), antara Indonesia vs Arab Saudi?

Pelatih kiper Alan Haviludin masih merahasiakan nama pemain yang akan mengawal gawang tim nasional.

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

Saat ini ada tiga penjaga gawang yang dimiliki Timnas Garuda yaitu Kurnia Meiga (Arema Indonesia), I Made Wirawan (Persib Bandung), dan Syamsidar (Mitra Kukar).

“Kiper yang ada sama-sama memiliki keunggulan. Mental semuanya juga `oke`,” kata Alan Haviludin usai latihan timnas di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Jumat (22/3/2013).

Alan yang juga pelatih kiper klub Persipura itu menjelaskan, untuk menentukan siapa yang layak menjadi kiper utama, selain masalah keunggulan pemain serta mental juga ditentukan siapa yang dinilai paling siap. Hal ini ditentukan menjelang pertandingan.

“Kami hanya menyiapkan pemain saja. Keputusan terakhir ada di tangan pelatih kepala (Rahmad Darmawan),” Alan menambahkan.

Dalam beberapa latihan, Rahmad Darmawan memang terus merotasi tiga kiper yang ada. Hanya saja jika dilihat dari frekuensi, penjaga gawang Arema Indonesia yaitu Kurnia Meiga paling banyak diberikan kesempatan mengawal gawang timnas.

Selain paling banyak diberikan porsi mengawal tim inti saat latihan, kiper yang juga adik kandung Ahmad Kurniawan itu juga paling banyak menjadi pilihan saat timnas turun pada beberapa kejuaraan internasional, di antaranya SEA Games 2011.

Syamsidar dan I Made Wirawan juga sudah beberapa kali menjadi andalan timnas. Dengan demikian, peluang ketiga pemain ini untuk menjadi penjaga gawang utama timnas masih sama.

“Memang Made Wirawan sempat cedera. Tapi melihat perkembangannya saat Pelatnas menunjukkan peningkatan. Dia kiper yang bagus,” tutur Alan Haviludin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya