SOLOPOS.COM - Timnas Indonesia yang bertanding di Asian Games Hangzhou China 2022 yang digelar September-Oktober 2023. (Istimewa/pssi.org).

Solopos.com, SOLOIndonesia harus menerima kenyataan tersingkir dari ajang Asian Games Hangzhou China 2022 setelah ditumbangkan Uzbekistan dengan skor 0-2 di babak 16 besar, Kamis (28/9/2023) sore.

Pertandingan yang digelar di Stadion Sangcheng Sports Centre ini berlangsung hingga babak tambahan 2 x 30 menit. Rizky Ridho dan kawan-kawan yang terus dibombardir sejak awal pertandingan mampu bertahan hingga 90 menit waktu normal berlalu.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Gol Uzbekistan terjadi tak lama setelah babak tambahan pertama dimulai. Kemudian, Uzbekistan kembali membobol gawang yang dijaga Ernando Ari di menit akhir menjelang laga bubar.

Skuad Garuda bisa menyamakan kedudukan lewat sundulan Ramadhan Sananta andai saja gol penyerang Persis Solo itu tidak dianulir wasit lantaran posisinya dinilai offside.

Kekalahan ini semakin pahit bagi Indonesia lantaran ada satu pemain skuad Garuda yakni Hugo Samir yang mendapatkan kartu merah.

Kehilangan satu pemain di menit akhir menjelang bubar dan kondisi tertinggal satu gol membuat Indonesia semakin tertekan.

Uzbekistan bermain agresif sejak menit pertama dan mendominasi jalannya pertandingan. Tekanan itu membuat tim asuhan Indra Sjafri kesulitan mengembangkan permainan.

Ramadan Sananta dan kawan-kawan juga kesulitan melakukan serangan balik cepat setelah berhasil mengandaskan serangan yang dibangun Uzbekistan.

Itu lantaran aliran bola dari belakang ke tengah dan dari tengah ke depan tak lancar. Pemain timnas justru terlalu mudah kehilangan bola saat mendapatkan kesempatan melakukan serangan balik.

Pada babak pertama dan kedua, Uzbekistan mendapatkan banyak peluang terbuka namun Jasurbek Jalolidinov dan kawan-kawan tak mampu mengonversinya menjadi gol.

Beruntung, pertahanan Indonesia tetap kokoh meski terus mendapatkan gempuran serangan. Indonesia sukses menghindarkan gawang dari kebobolan hingga 90 menit waktu normal usai. Skor 0-0.

Kondisi itu memaksa pertandingan dilanjutkan dengan babak tambahan 2 x 15 menit. Indonesia kecolongan tak lama setelah babak tambahan yang pertama dimulai.

Indonesia kebobolan dari skema tendangan pojok. Bola yang disepak dari kaki Jalolidinov meluncur ke kaki Sherzod Esanov. Dengan tendangan kaki kiri Esanov menuntaskan peluang ke gawang Indonesia yang dijaga Ernando Ari Sutaryadi. skor berubah 1-0 untuk kemenangan sementara Uzbekistan.

Usai skor berubah, Indonesia mencoba menggiatkan serangan. Sementara Uzbekistan tetap bermain menyerang dengan tempo yang lebih lambat.

Keunggulan Uzbekistan terjaga hingga babak perpanjangan waktu pertama usai.

Pada menit ke-110 Indonesia membuat gawang Uzbekistan bergetar melalui sepakan bebas Rizky Ridho yang disundul Ramadhan Sananta. Sayangnya, gol Sananta dianulir wasit karena posisinya dianggap offside.

Saat itu, ofisial Indonesia terlihat merayakan gol dengan melakukan sujud syukur sebelum tahu gol Sananta dianulir.

Dalam usaha mencari gol penyama kedudukan, Hugo Samir malah diganjar kartu merah setelah mendapatkan kartu kuning kedua yang berarti dia harus keluar lapangan.

Uzbeskitan kembali membobol gawang Ernando Ari beberapa saat menjelang laga bubar. Pertandingan berakhir untuk kemenangan Uzbekistan dengan skor 2-0. Harapan Indonesia melaju lebih jauh pun pupus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya