SOLOPOS.COM - Para pemain Timnas Indonesia mendengar instruksi pelatih Jacksen F. Tiago di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, beberapa waktu lalu. DokJIBI/SOLOPOS/Antara

Para pemain Timnas Indonesia mendengar instruksi pelatih Jacksen F. Tiago di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, beberapa waktu lalu. DokJIBI/SOLOPOS/Antara

Para pemain Timnas Indonesia mendengar instruksi pelatih Jacksen F. Tiago di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, beberapa waktu lalu. DokJIBI/SOLOPOS/Antara

Solopos.com, JAKARTA – Timnas Indonesia, yang mengusung nama Indonesia XI, akan menerapkan gaya permainan berbeda saat menghadapi Liverpool pada laga persahabatan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (20/7/2013) malam WIB.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Timnas Indonesia kembali menggelar latihan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (18/7/2013) malam. Latihan yang diikuti oleh 21 pemain tersebut dimulai sejak pukul 20.00 WIB.

Dalam latihan tersebut, Jacksen terlihat menerapkan beberapa fokus latihan. Di antaranya adalah latihan pertahanan, passing, dan game kecil setengah lapangan yang diikuti seluruh pemain.

“Seperti yang tadi dilihat, menu latihan kami malam ini adalah fokus pada taktik permainan. Di mana tadi saya menerapkan defense satu lawan satu. Defense dua lawan dua. Intinya kami ingin menerapkan sistem permainan yang berbeda. Contohnya adalah bagaimana caranya keluar dari tekanan lawan,” ujar Jacksen usai memimpin latihan.

Jacksen menjelaskan, kekalahan 0-7 dari Arsenal membuat dirinya harus mengubah pola permainan. Salah satunya adalah dengan meningkatkan mobilitas permainan dari seluruh sektor.

“Kekalahan lawan Arsenal kemarin karena memang kami lebih sering membiarkan pemain lawan bergerak tanpa bola. Permainan kemarin keliatan sekali tidak berjalan dengan baik,” tuturnya.

“Pasti untuk lawan Liverpool nanti, kami akan menerapkan sistem permainan yang berbeda. Kami punya harapan bahwa besok harus ada perbedaan. Strategi akan saya berikan ke pemain. Yang pasti, besok kami harus bisa lebih leluasa membangun bola dan proses penyerangan yang lebih baik,” kata pria yang juga melatih Persipura Jayapura ini.

Dalam sesi latihan tersebut, sempat terlihat sejumlah gelandang timnas seperti M. Taufiq, Ahmad Bustomi, Raphael Maitimo, Vendry Mofu, dan Ahmad Jufrianto digiring ke tengah lapangan. Menurut Jacksen, hal itu dilakukan untuk membangun kepercayaan diri yang lebih kepada pemain-pemain tersebut.

“Gelandang itu jantung sebuah tim. Saya memberikan penjelasan kepada mereka dan membangun kepercayaan diri yang lebih kepada mereka. Agar semua bersama-bersama bermain dengan baik,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya