SOLOPOS.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo. (Egan/kemenpora.go.id)

Solopos.com, JAKARTA–Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menegaskan tidak boleh ada atlet yang berangkat sendiri dengan biaya mandiri untuk mengikuti ajang multicabang, seperti Asian Games Hangzhou dalam waktu dekat.

Menurut Menpora Dito, keberangkatan para atlet menuju pesta olahraga multicabang untuk membawa nama negara. Oleh karena itu, seluruh atlet yang berangkat, terutama ke ajang terdekat yakni Asian Games di Hangzhou, China, harus melalui jalur pemerintah dan diberangkatkan oleh pemerintah.

Promosi Ijazah Tak Laku, Sarjana Setengah Mati Mencari Kerja

“Para atlet yang tampil pada Asian Games 2022 Hangzhou, China, membawa nama bangsa Indonesia sehingga sudah selayaknya mendapatkan dukungan pembiayaan pemerintah untuk keberangkatan sesuai dengan standar biaya kementerian keuangan,” kata Menpora Dito dikutip dari Antara, Rabu (23/8/2023).

Selain itu, alasan mengapa atlet biaya mandiri tidak bisa berangkat ke Asian Games Hangzhou karena adanya keputusan bersama untuk menentukan atlet-atlet yang akan berangkat.

“Pemerintah dalam memutuskan keberangkatan atlet menuju Asian Games 2022 Hangzou China melibatkan Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat,” ulas Menpora Dito.

Dia mengakui terdapat perbedaan pendapat dalam proses pengambilan keputusan. Hal itu wajar dalam sebuah forum rapat.

Meski begitu pada akhirnya rapat menghasilkan keputusan dan keputusan itu merupakan kesepakatan bersama di antara semua pihak yakni Kemenpora RI, KOI, dan KONI.

“Keputusannya adalah tidak ada keberangkatan atlet dengan biaya mandiri menuju Asian Games 2022 Hangzhou, China,” ucapnya.

Pemerintah menilai Asian Games bukan ajang uji coba. Namun, Kemenpora tetap menyiapkan anggaran dan berkomitmen mengirimkan atlet cabang olahraga (cabor) ke kejuaraan internasional yang sifatnya satu cabor.

Menpora Dito menyebut pihaknya bukan menutup kemungkinan atlet biaya mandiri untuk berangkat ke ajang multi cabang, namun hal itu baru mungkin diwujudkan pada masa yang akan datang.

Ia juga menjawab permasalahan perihal anggaran ke Asian Games Hangzhou, yang lebih kecil dibandingkan SEA Games.

“Pasti lebih kecil jumlahnya, karena atlet yang berangkat ke Asian Games dan SEA Games pasti berbeda, Asian Games selalu lebih sedikit yang berangkat dibandingkan SEA Games,” ujar Dito.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya