SOLOPOS.COM - Kapten Inggris Harry Kane mengenakan ban kapten pelangi One Love. (Bisnis)

Solopos.com, SOLO—Negara yang ngotot mendukung LGBT di Piala Dunia 2022 satu persatu tumbang. Inggris, negara yang getol mengampanyekan LGBT di Qatar tersingkir setelah dikalahkan Prancis 1-2 pada babak perempat final, Minggu (11/12/2022) dini hari WIB.

Itu artinya tak ada lagi negara pendukung LGBT di semifinal. Empat negara yang akan bersaing memperebutan trofi Piala Dunia 2022 adalah Kroasia, Argentina, Prancis dan Maroko.

Promosi Mi Instan Witan Sulaeman

Seperti diketahui, LGBT menjadi salah satu isu yang sering dibahas sepanjang dihelatnya Piala Dunia Qatar 2022. Beberapa negara Eropa yang mendukung LGBT mendesak FIFA agar mengizinkan mereka menggunakan ban pelangi selama kompetisi tersebut.

Baca Juga: Digelar Pukul 02.00 WIB, Ini Jadwal Semifinal Piala Dunia 2022  

Sebelumnya, FIFA melarang karena menghormati keputusan dan kepercayaan tuan rumah, Qatar. Namun pada akhirnya, FIFA memperbolehkan penggunaan ban kapten pelangi, meski mendapat kritikan di sana dan sini.

Dikutip dari Bisnis, setidaknya ada tujuh negara yang mendesak FIFA untuk hal ini. Ketujuh negara yang dimaksud adalah Inggris, Wales, Belgia, Denmark, Jerman, Belanda, dan Swiss. Empat negara yaitu Wales, Belgia, Jerman dan Denmark tersingkir di fase grup. Swiss out dari babak 16 besar dan Belanda disingkirkan Argentina di perempat final.  Dengan tersingkirnya Inggris di perempat final, kini tak ada lagi negara pendukung LGBT yang tersisa di Piala Dunia 2022.

Justru negara muslim seperti Maroko berhasil mengejutkan dengan mengalahkan Portugal di perempat final, Sabtu (10/12) malam WIB. Hakim Ziyech dan kolega mengukir sejarah sebagai negara Afrika pertama yang lolos ke semifinal Piala Dunia.

Baca Juga: Peserta Piala Dunia 2026 Tambah 16 Negara, Indonesia Realistis Saja

Babak semifinal pertama akan digelar pada 14 Desember pukul 02.00 WIB mempertemukan Kroasia vs Argentina di Lusail Stadium Al Daayen.

Kroasia kembali harus melalui drama adu penalti  ketika mengatasi juara dunia lima kali Brasil 5-3 pada perempat final di Education City Stadium Doha, Jumat (9/12) malam WIB. Adu penalti harus dilakukan menyusul hasil imbang 1-1 pada extra time di mana Neymar mencetak gol untuk Brasil dan disamakan oleh Bruno Petkovic.

Argentina mengikuti langkah Kroasia dengan menyingkirkan Belanda juga lewat drama adu penalti dengan skor 6-5 (2-2) pada pertadingan perempat final di Lusail Stadium Al Daayen, Sabtu (10/12) dini hari WIB. Drama adu penalti dilakukan setelah skor sama kuat 2-2 pada waku normal hingga tambahan waktu atau extra time.

Baca Juga: Road to Final Piala Dunia 2022: Kroasia Jumpa Argentina di Semifinal

Babak semifinal kedua mempertemukan Prancis dengan Maroko pada 15 Desember pukul 02.00 WIB di Al Bayt Stadium Al Khor. Prancis melangkah ke empat besar seusai mengatasi Inggris dengan skor 2-1 di Al Bayt Stadium Al Khor, Minggu dini hari.

Sementara Maroko di luar dugaan menyingkirkan Portugal pada laga perempat final di Al Thumama Stadium Doha dengan skor 1-0, Sabtu (10/12) malam WIB. Gol tunggal kemenangan Singa Atlas yang membuat bintang Portugal Cristiano Ronaldo menangis itu diciptakan lewat tandukan bertenaga Youssef En Nesyri pada menit ke-42.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya