SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

LONDON–Stuart Pearce akan memulai laga debut perdananya bersama Inggris saat menjamu Belanda di partai pemanasan Euro 2012 di stadion Wembley, Kamis (1/3/2012) dini hari WIB. Sadar bakal jadi laga yang tak mudah, tapi pelatih sementara Inggris itu juga yakin partai ini bisa jadi momentum tepat untuk membuktikan kapasitasnya.

Pertemuan dua tim elite Eropa ini menghadirkan kembali memori 1996. Kala itu, Pearce yang masih mengenakan seragam Tiga Singa, julukan Inggris, sukses menekuk tim Oranye, sebutan Belanda, dengan skor meyakinkan 4-1. Kini 16 tahun sudah berlalu, tapi obsesi Pearce tak berubah. Hengkangnya Fabio Capello secara mendadak dari kursi pelatih Inggris, membuka jalan bagi Pearce untuk mengulang kembali memori itu.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Sudah pasti, kemenangan bakal jadi suntikan motivasi yang sangat berharga bagi Inggris menjelang  Euro 2012 yang dihelat Juni mendatang.
Inggris boleh saja kalah peringkat dari Belanda yang tahun ini menempati urutan ketiga dunia di bawah Spanyol dan Jerman. Sementara skuat St George Cross, sebutan lain Inggris, “hanya” berada di peringkat kelima. Namun dalam laga nanti, ribuan pasang diprediksi mata bakal lebih melirik pada armada tempur pilihan Pearce ketimbang skuat Bert van Marwijk.

Ini tidak lepas dari keputusan berani Pearce meninggalkan sejumlah pemain seniornya, termasuk Frank Lampard dan Rio Ferdinand. Dengan cederanya Wayne Rooney pada Minggu lalu membuat Pearce juga akan memarkir striker kesayangan Capello tersebut. Skenarionya dalam lagan anti adalah mencampur sejumlah pemain berpengalaman dengan pemain muda di lini gempur.

Yang lebih mengejutkan, Pearce memasukkan nama Fraizer Campbell bersama penyerang Manchester United, Danny Welbeck dan Daniel Sturridge di posisi striker. Padahal, Campbell baru mengantongi empat cap bersama Inggris. Jelas Campbell bakal jadi perjudian Pearce.

Meski sepak terjang Pearce agak sedikti kontroversial , namun beberapa penggawa Inggris yakin dengan keputusan nahkoda mereka. Gelandang Inggris, James Milner, yang pernah diasuh Pearce di Timnas U-21, mengatakan semangat tim ini di bawah asuhan pelatih baru sangat tinggi.

“Saya rasa banyak pemain di sini yang pernah bekerja bersama dia (Pearce) sebelumnya. Mereka bekerja saat masih di U-21 dan di level klub juga. Kami juga sangat siap menghadapi laga ini,” jelas dia, seperti dikutip <I>thefa.com<I>, Selasa (28/2/2012) WIB.

“Senang kami dilatih oleh orang yang pernah membela Inggris di level tertinggi seperti dia (Pearce). Ia melakukan kerjanya dengan baik di U-21 dan setelah itu rekor terus dicatatkannya,” tukasnya.

Di kubu lawan, tidak banyak nama-nama baru yang akan menghiasi skuat Oranye besutan Van Marwijk. Ia tetap akan mengandalkan sejumlah pemain bintangnya yang merumput di daratan Inggris seperti Robin van Persie dan Dirk Kuyt yang baru saja menuai kesuksesan.

(JIBI/SOLOPOS/Kaled Hasby Ashshidiqy)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya