SOLOPOS.COM - Ketua Umum PSSI Erick Thohir memberi keterangan tentang pendirian Yayasan Bakti Sepak Bola Indonesia, belum lama ini. (Istimewa/pssi.org).

Solopos.com, SOLO–Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir bersyukur Indonesia ditetapkan menjadi tuan rumah FIFA U-17 World Cup 2023 (Piala Dunia U-17 2023) melalui keputusan bersama pada sidang FIFA Council yang digelar di Markas FIFA, Zurich, Swiss, Jumat (23/6/2023) petang.

Sejauh ini, FIFA masih mengagendakan ajang sepak bola kelompok umur 17 tahun terakbar itu digelar 10 November-2 Desember tahun ini.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

“Saya hanya bisa mengucapkan rasa syukur dan alhamdulillah, karena FIFA Council mengambil keputusan bersama untuk menunjuk Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 tahun ini. Ini salah satu bentuk kepercayaan dunia kepada Indonesia di bawah kepemimpinan Bapak Presiden Joko Widodo,” kata mantan Presiden Inter Milan itu melalui siaran pers yang diterima Solopos.com, Jumat malam.

“Saya belum mendapat surat pemberitahuan secara resmi. Ini baru pengumuman yang dilansir dari FIFA pada sidang FIFA Council Jumat malam di Zurich. Kini yang terpenting, bagaimana kita menyiapkan diri agar menjadi tuan rumah yang baik,” imbuh Erick Thohir.

Pada laman resmi FIFA tidak dijelaskan secara detail alasan penunjukan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 ini.

Erick yang juga Menteri BUMN itu menduga alasan FIFA menunjuk Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 lantaran beberapa faktor positif yang diperlihatkan Indonesia dalam sepak bola selama tiga bulan terakhir

Capaian positif itu seperti perbaikan sarana-sarana stadion yang lolos uji kelayakan FIFA, perhelatan dua FIFA matchday melawan Palestina dan Argentina yang merupakan jawara Piala Dunia 2022 Qatar di mana kedua laga itu sukses dan menyita perhatian FIFA serta sepak bola internasional.

“Bagaimanapun juga hal ini harus kita syukuri sebab kepercayaan FIFA kepada kita masih tinggi. Ini harus kita jaga dan buktikan,” ulas Erick.

Sebagai informasi, Dewan FIFA secara resmi menunjuk Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

Keputusan ini sekaligus menjawab rumor yang sebelumnya berembus bahwa Indonesia bakal menjadi pengganti Peru yang  batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

Saat itu, publik menilai Indonesia bisa saja dipilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 setelah FIFA membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

“Dewan juga menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah FIFA U-17 World Cup 2023 [Piala Dunia U-17 2023],” tulis FIFA dalam keterangannya.

Sebelumnya, FIFA mencoret Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 pada 3 April 2023 lalu. Namun, FIFA memastikan jadwal turnamen yang sudah ditetapkan tidak akan berubah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya