SOLOPOS.COM - Suporter Persis Solo membentangkan spanduk berisi tulisan sindiran untuk PSSI. (Istimewa/Surakartans)

Solopos.com, SOLO – Kelompok suporter Persis Solo, Surakartans, memasang spanduk bernada sindirian dalam lanjutan Liga 1 2023. Spanduk tersebut dibentangkan dalam pertandingan Persis Solo vs Bali United di Stadion Manahan Solo, Sabtu (19/8/2023) malam WIB.

Spanduk itu ditujukan kepada federasi sepak bola Indonesia, PSSI, di bawah pimpinan Erick Thohir. Spanduk tersebut berada di tribune timur stadion dengan bertuliskan Katanya Beda Ternyata Sama.

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

Salah seorang suporter Surakartans, Ivan Bogdanov, kepada Solopos.com, Senin (21/8/2023), mengatakan pemasangan spanduk protes ini sengaja dilakukan oleh kelompoknya. Surakartans melihat banyak regulasi yang merugikan dan tidak relevan dengan kondisi sepak bola Indonesia saat ini.

“Untuk pemasangan spanduk itu tujuannya ya sebagai trigger dan notice kepada PSSI. Regulasi yang diterbitkan itu seakan menjadi boomerang atau bahan problematik. Salah satunya terkait larangan suporter untuk away,” ujar Ivan.

Padahal aturan larangan suporter menonton laga tim kesayangan di kandang lawan sudah tidak relevan dengan kondisi saat ini. Ivan pun mengritisi visi misi dari Ketum PSSI Erick Thohir melalui pembentangan spanduk tersebut.

“Padahal dinamika di Indonesia itu suporter antarsuporter itu udah kondusif udah lebih masif bersatu bersaudaraan. Nah hal-hal itu yang mungkin menjadi pemantik teman-teman,” ucap dia.

Dalam pemasangan spanduk bernada protes itu diakui Ivan tidak mendapat larangan baik dari pihak aparat kemananan maupun panitia pelaksana (panpel) pertandingan Persis Solo. Menurutnya hal ini karena semua pihak sudah memahi karakter suporter di tribune timur.

“Kalau larangan sih nggak ada sih. Karena setiap bentuk pergerakan dari teman-teman termasuk banner semua temen-temen di tribune sudah tahu dan tidak ada respons yang enggak setuju gitu loh,” ujar dia.

Ivan berharap dengan pemasangan spanduk protes itu bisa dilihat oleh para pengurus PSSI untuk segera melakukan perubahan regulasi.

“Harapannya semoga yang di atas dalam artian federasi bisa notice, dan juga perihal surat dari tim-tim yang mulai menyayangkan terkait regulasi kepada federasi bisa segera ada perubahan di periode PSSI yang sekarang,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya