SOLOPOS.COM - Bek Glasgow Rangers Borna Barisic (bawah) berduel dengan bek PSV Eindhoven Phillipp Mwene dalam pertandingan leg kedua playoff penyisihan Liga Champions antara PSV Eindhoven dan Rangers FC di Stadion Phillips di Eindhoven pada 24 Agustus 2022. (ANTARA/AFP/OLAF KRAAK)

Solopos.com, SOLO—Sebanyak 32 tim lolos fase grup Liga Champions  2022/2023 sudah diketahui. Terakhir tiga tim memastikan tempat melalui babak kualifikasi. Drawing atau undian fase grup 2022/2023 dijadwalkan digelar di Istanbul, Turki, pada Kamis (25/8/2022) mulai pukul 23.00 WIB.

Tiga tim terakhir yang memastikan lolos ke fase grup Liga Champions musim adalah Dynamo Zagreb, Rangers dan FC Copenhagen. Mereka menyusul tiga tim lainnya sudah lebih dulu lolos dari babak kualifikasi yaitu Benfica, Maccabi Haifa, dan Viktoria Plezen.

Promosi Mi Instan Witan Sulaeman

Dinamo Zagreb, Rangers, dan FC Copenhagen memastikan tempat dalam fase grup Liga Champions musim ini setelah Kamis (25/8) dini hari WIB menaklukkan lawannya masing-masing dalam leg kedua playoff babak kualifikasi kompetisi elite sepak bola Eropa itu.

Baca Juga: Drawing Liga Champions Nanti Malam: Real Madrid Pot 1, Liverpool Pot 2

Antonio Colak mencetak satu-satunya gol yang membawa Rangers lolos ke fase grup Liga Champions 2022/2023. Gol itu memastikan kemenangan 1-0 tim tamu atas PSV Eindhoven dalam agregat 3-2.

Rangers akan bergabung dengan seteru abadi Glasgow Celtic dalam undian Liga Champions, Kamis malam WIB. Untuk kali pertama dalam 14 tahun kedua raksasa Skotlandia berada dalam babak penyisihan grup pada waktu yang sama.

Dalam pertandingan lainnya Dinamo Zagreb membalikkan keadaan setelah dalam leg pertama diungguli Bodo/Glimt dengan 0-1. Namun pada leg kedua tuan rumah Dinamo Zagreb menyarangkan empat gol yang dua di antaranya disarangkan pada babak tambahan.

Baca Juga: Lewandowski Cetak Brace, Barcelona Hajar Sociedad 4-1

Mislav Orsic membawa Zagreb unggul pada menit ke-4 yang sekaligus menyamakan agregat menjadi 1-1. Bruno Petkovic balik membawa Zagreb memimpin agregat 2-1 berkat golnya pada menit ke-35.

Namun Bodo/Glimt berhasil membuat gol pada menit ke-70 yang dibuat Albert Gronbaek Erlykke sehingga agregat berubah lagi menjadi 2-2. Sampai 90 menit waktu normal kedudukan 2-2 tak berubah sehingga pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan 2×15 menit.

Tuan rumah akhirnya menyegel tempat lolos ke fase grup Liga Champions 2022/2023 berkat dua gol yang disumbangkan Josip Drmic pada menit ke-116 dan Petar Bockaj pada menit ke-120.

Baca Juga: Manchester United Kenalkan Casemiro sebelum Lawan Liverpool

Sementara itu meskipun ditahan seri 0-0 oleh Trabzonspor, FC Copenhagen tetap melenggang ke fase grup karena dalam leg pertama sudah unggul 2-1, demikian AFP dan laman ESPN seperti dilansir dari Antara.

Enam klub itu akan menggenapi 26 klub yang memastikan lolos fase grup Liga Champions 2022/2023 dari kompetisi domestik masing-masing. Sehingga fase grup akan diikuti 32 peserta. 32 klub tersebut dibagi ke dalam empat pot berdasarkan koefisien klub UEFA.

Nantinya klub-klub dari empat pot tersebut dimasukkan dalam 8 grup, di mana setiap grup terdiri atas empat klub dari pot 1, pot 2, pot 3 dan pot 4. Namun klub dalam satu asosiasi atau satu negara tidak boleh berada dalam satu grup.

Baca Juga: Aubameyang Selangkah Lagi Berkostum Chelsea

Dikutip dari laman resmi UEFA, Jerman paling banyak (5 klub) menempatkan wakil mereka di fase grup Liga Champions 2022/2023, yaitu  Bayern Munich, Borussia Dortmund, Frankfurt, Leipzig dan Bayer Leverkusen. Ini karena Frankfurt menjadi juara Liga Europa musim lalu.

Sedangkan Inggris, Spanyol dan Italia masing-masing mengirimkan empat wakil.

 

Berikut tim-tim lolos fase grup Liga Champions 2022/2023:

Inggris             : Chelsea, Liverpool, Manchester City, Tottenham Hotspur

Spanyol           : Atlético, Barcelona, Real Madrid, Sevilla

Italia                : Inter, Juventus, Milan, Napoli

Jerman             : Bayern, Dortmund, Frankfurt, Leipzig, Leverkusen



Prancis             : Marseille, Paris St Germain

Portugal           : Benfica, Porto, Sporting CP

Belanda           : Ajax

Austria             : Salzburg

Skotlandia       : Celtic, Rangers

Ukraina           : Shakhtar Donetsk

Belgia              : Club Brugge

Rep Cheska     : Viktoria Plzen

Denmark         : Copenhagen

Kroasia            : Dinamo Zagreb

Israel               : Maccabi Haifa

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya