SOLOPOS.COM - Kartika Siti Aminah menjadi pelatih tim basket DNA Bima Perkasa Jogja. (Instagram)

Solopos.com, JOGJA – Kartika Siti Aminah resmi menjadi pelatih kepala DNA Bima Perkasa Jogja dalam ajang Indonesia Basket League (IBL). Kartika pun menjadi pelatih perempuan pertama di ajang IBL.

Kartika Siti Aminah menggantikan posisi pelatih sebelumnya Dean Murray yang harus diakhiri kontraknya oleh Manajemen DNA Bima Perkasa. Kartika memulai debutnya pada Minggu (30/1/2022) lalu. Dia melawan tim Prawira Bandung yang dilatih oleh David Singleton yang merupakan rekan kerjanya pada musim lalu.

Promosi Komeng The Phenomenon, Diserbu Jutaan Pemilih Anomali

Manajemen DNA Bima Perkasa resmi mengakhiri kontrak Dean Murray sebagai pelatih setelah mempertimbangkan banyak hal seperti performa tim sejak latihan perdana, scrimmage game, hingga berakhirnya Seri I IBL di Jakarta beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Fix! Pertandingan IBL Dihentikan Sepekan Gara-Gara Covid-19

Di tangan Dean, DNA Bima Perkasa tak sekalipun memetik kemenangan dalam empat pertandingan Seri I IBL. Mereka kalah dari Dewa United, Evos, Amartha Hangtuah, dan Bali United.

Owner DNA Bima Perkasa, Edy Wibowo, membeberkan proses pengambilan keputusan dalam merekrut pelatih perempuan pertama di IBL itu. Menurutnya DNA Bima Perkasa punya rencana yang jelas tiap tahunnya. Contohnya menaikkan level permainan yang sudah dikemukakan sejak pertama kali membuka komunikasi dengan Dean.

“Kami ingin menaikkan level tiap tahunnya, baik itu untuk individu maupun tim. Setiap hari kami melakukan evaluasi, dari latihan, scrimmage, sampai gim. Pelatih salah satu evaluasinya dan Dean sangat memahami keputusan ini. Hubungan kami baik-baik saja, ini profesional,” kata Edy Wibowo dikutip dari iblindonesia, Minggu (30/1/2022).

Menurutnya, pemilihan Kartika Siti Aminah menggantikan Dean Murray juga telah melewati banyak pertimbangan. Edy mengatakan Kartika adalah sosok yang bertanggung jawab membentuk tim musim lalu setelah kontrak Raoul Miguel Hadinoto berakhir. Perempuan yang akrab disapa Ika itu telah mengenal karakter tiap pemain di tubuh tim.

Baca Juga: 26 Sekolah Ikut Honda DBL Central Java Series, Siapa Jagoanmu?

Apalagi musim ini amunisi DNA Bima Perkasa tidak banyak berubah. Indra Muhammad dan kawan-kawan hanya ketambahan dua pemain asing yakni David Atkinson dan Jordan Jacks dan Ikram Fadhil dan Valentinus Michael yang berstatus Rookie. “Dia sangat mengenal tim ini sehingga tidak perlu waktu lama untuk mapping dan bikin game plan,” kata dia.

Menurutnya Kartika Siti Aminah punya segudang pengalaman di bidang kepelatihan. Ika sempat melatih tim basket Universitas Gadjah Mada (UGM) dan menakhodai tim PON DIY. Dia juga membawa Surabaya Fever juara di Women’s National Basketball League (WNBL) tahun 2012.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya