SOLOPOS.COM - Tim putra Jateng (kuning) dan tim Kalbar berhadapan di pertandingan terakhir 8 besar turnamen voli Kapolri Cup 2023 di GOR Pangsuma, Pontianak, Selasa (29/8/2023) malam WIB. (tangkapan layar siaran langsung)

Solopos.com, PONTIANAK – Tim Jawa Tengah (Jateng) gagal lolos ke semifinal turnamen voli Kapolri Cup 2023. Sementara itu, tim tuan rumah Kalimantan Barat dan Bali yang berhak lolos dari Pool A putra. Berikut ini penghitungan poin untuk penentuan peringkat di 8 besar turnamen voli Kapolri Cup 2023.

Duel antara Kalbar vs Jateng di Poll A putra turnamen voli Kapolri Cup 2023 di GOR Pangsuma, Pontianak, berlangsungs sangat seru.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Tuan rumah yang mendapat dukungan dari ribuan suporter tampil ganas. Sementara itu, Jateng juga tak mau menyerah begitu saja dengan memberikan perlawanan sengit dalam perebutan tiket ke semifinal turnamen voli Kapolri Cup 2023 tersebut.

Posisi klasemen di Pool A Putra ini termasuk unik. Hingga pertandingan terakhir, Kalbar yang ada di peringkat pertama klasemen dan Jateng di peringkat ketiga harus saling jegal. Poin Kalbar adalah 6 sedangkan Jateng 3.

Namun, posisi Kalbar belum aman, karena apabila mereka kalah dengan skor 0-3 dari Jateng maka poin mereka sama yaitu 6 poin. Apabila itu terjadi, maka Jateng yang lolos ke semifinal karena punya rasio set lebih bagus dari Kalbar.

Apabila Jateng menang dengan skor 3-1 maka mereka mendapat tambahan poin 3 dan unggul raiso set dari Kalbar yaitu 1,5 berbanding 1,4.

Namun, ternyata Kalbar mampu mencuri dua set kemenangan pada tiga set awal pertandingan (2-1). Dengan demikian, Kalbar dipastikan lolos ke semifinal turnamen voli Kapolri Cup 2023 karena mereka minimal mendapat tambahan 1 poin.

Akhirnya Kalbar menyempurnakan penampilan mereka di 8 besar turnamen voli Kapolri Cup 2023 dengan kemenangan 3-1 atas Jateng. Dengan demikian, Kalbar mengumpulkan poin sempurna 9 dari tiga pertandingan, sedangkan Jateng hanya mendapat 3 poin dari tiga laga mereka.

Dikutip dari technical handbook turnamen voli Kapolri Cup 2023, untuk menentukan urutan pemenang (ranking) pada pertandingan setengah kompitisi atau di masing-masing pool akan dilakukan sebagai berikut:

a. Perhitungan ranking didasarkan oleh Jumlah Kemenangan tim (pertandingan yang dimenangkan tim)

b. Apabila terjadi kesamaan pada Jumlah Kemenangan maka urutan ranking tim ditentukan sebagai berikut:

1. Nilai kemenangan: Apabila terjadi kesamaan jumlah kemenangan maka urutan ranking ditentukan oleh nilai kemenangan tim dengan komposisi sebagai berikut:
– menang pertandingan 3-0; 3-1 = nilai 3.
– Menang pertandingan 3-2 = nilai 2
– Kalah pertandingan 2-3 = nilai 1
– Kalah pertandingan 0-3; 1-3 = nilai 0
– Kalah walk out = nilai 0 (0-25, 0-25, 0-25).

2. Set rata-rata atau set ratio:
Apabila setelah memakai nilai kemenangan tim tersebut di atas masih tetap terdapat 2 (dua) atau lebih tim dengan nilai yang sama, maka urutan ranking akan ditentukan oleh perbandingan tertinggi nilai set dengan hitungan nilai set adalah jumlah set menang dibagi dengan set kalah.

Itu tadi, hitungan poin untuk menentukan peringkat pool di 8 besar turnamen voli Kapolri Cup 2023.

Dengan demikian, saat ini sudah lengkap empat tim putra yang memastikan diri lolos ke semifinal turnamen voli Kapolri Cup 2023. Mereka adalah Kalimantan Barat dan Bali dari Pool A serta Jawa Timur dan Sumatra Selatan dari Pool B.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya