SOLOPOS.COM - Up date peringkat FIFA versi footyrankings yang diunggah melalui akun Twitter dan Instagram mereka. (Twitter/footyrankings)

Solopos.com, SOLO – Timnas Indonesia mencetak sejarah lolos ke putaran final Piala Asia 2023. Keberhasilan tersebut tentu ikut menambah poin Timnas Indonesia di daftar peringkat dunia FIFA. Di posisi berapa Timnas Indonesia dalam daftra rangking FIFA?

Berdasarkan penghitungan peringkat dunia FIFA versi footyrankings, Indonesia berada di posisi ke 155 dengan 1019,10 poin. Indonesia dihitung mendapatkan tambahan 11,31 poin setelah menang atas Nepal pada laga terakhir penyisihan Grup A kualifikasi Piala Asia 2023 lalu. Timnas Indonesia juga dihitung naik tiga peringkat dari posisi sebelumnya.

Promosi Ayo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

Sementara itu, berdasarkan daftar peringkat yang ada di laman resmi fifa.com, Kamis (16/6/2022), Timnas Indonesia masih berada di posisi ke-159 dengan 1001,61 poin. Data tersebut adalah jumlah poin setiap tim (negara) anggota FIFA yang diumumkan pada 31 Maret 2022 lalu. Dengan kata lain data di FIFA belum diperbaruhi atau belum up date.

FIFA dijadwalkan secara resmi baru mengeluarkan daftar peringkat dunia tim sepak bola putra pada 23 Juni 2022 mendatang.

Di sisi lain, per 31 Maret 2022 itu, posisi Singapura tepat di atas Indonesia. Timnas Singapura berada di peringkat ke-158 FIFA dengan koleksi 1012,27 poin.

Baca Juga: Lolos Piala Asia 2023, Ini Momen Timnas Indonesia Bantai Nepal 7-0

Seperti diketahui Timnas Indonesia mencetak sejarah lolos ke putaran final Piala Asia 2023. Kepastian tersebut diperoleh setelah Timnas Indonesia mengalahkan Nepal dengan skor 7-0 pada laga terakhir Grup A di Stadion Jaber Al-Ahmad International, Kuwait, Rabu (15/6/2022) pukul 02.15 dini hari WIB

Kemenangan tersebut sekaligus mengakhiri penantian panjang selama 15 tahun Timnas Indonesia untuk bisa tampil kembali di kancah Piala Asia. Sebelumnya, Indonesia kali terakhir merasakan berlaga di putaran final Piala Asia ketika menjadi tuan rumah pada 2007 silam.

Baca Juga: Witan Sebut Aktor Utama di Balik Sukses Timnas Tembus Piala Asia 2023

Kemengan atas Nepal membuat Indonesia menjadi salah satu dari lima tim runner up terbaik fase grup kualifikasi Piala Asia 2023 yang digelar sejak 8 Juni 2022.

Sebelum pertandingan melawan Nepal, posisi Indonesia masih berada di peringkat terbawah atau peringkat keenam klasemen tim runner up terbaik. Selain kemenangan atas Nepal, Indonesia juga tertolong oleh Palestina yang berhasil menumbangkan Filipina dengan skor 4-0 pada laga terakhir, Selasa (14/6/2022). Filipina yang sebelumnya berada di atas Indonesia akhirnya tergusur ke urutan buncit jauh di bawah Timnas Garuda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya