SOLOPOS.COM - Medali Asian Games Hangzhou (Hangzou2022.cn).

Solopos.com, JAKARTA–Kontingen Indonesia berpotensi kehilangan banyak medali emas di ajang Asian Games 2022 Hangzhou, China, yang akan bergulir pada 23 September-8 Oktober 2023.

Tak tanggung-tanggung, medali emas yang berpotensi tak bisa diraih sebanyak 19 medali. Oleh karena itu, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menilai perlu ada langkah antisipasi agar penurunan perolehan medali emas tidak terlalu banyak.

Promosi Antara Tragedi Kanjuruhan dan Hillsborough: Indonesia Susah Belajar

Deputi 4 Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Surono menyampaikan Indonesia berpotensi kehilangan medali emas di Asian Games Hangzhou menyusul tidak dipertandingkannya cabang-cabang olahraga unggulan Indonesia seperti edisi 2018 lalu.

Hal itu yang membuat Indonesia duduk di peringkat keempat Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Saat itu Indonesia mengoleksi 31 medali emas, 24 medali perak, dan 43 medali perunggu.

“Memang Asian Games setelah Indonesia menjadi tuan rumah pada 2018, kita [berpotensi] kehilangan setidaknya 19 medali emas dari cabang olahraga pencak silat, jet ski, hingga BMX. [Diprediksi] Ada penurunan [raihan emas] karena nomor-nomor cabang olahraga unggulan tersebut tidak dimainkan di China,” kata Surono dikutip Solopos.com dari Antara, Senin (31/7/2023).

Oleh karena itu menurut Surono, perlu ada persiapan yang lebih matang bagi para atlet dan ofisial di Asian Games edisi ke-19 yang juga berjalan beriringan dengan persiapan jelang Olimpiade 2024 Paris.

Beberapa hal yang dilakukan, antara lain adalah melalui pemusatan latihan nasional (pelatnas) jangka panjang, training camp dan try out di luar negeri, hingga evaluasi yang juga berjalan berkelanjutan.

“Kita persiapkan dari sekarang agar [perolehan medali] tidak turun jauh. Misalnya lewat pelatnas jangka panjang, try out di luar negeri agar mereka siap berkompetisi dengan atlet-atlet dunia, serta monitoring dan evaluasi untuk pematangan jelang Asian Games,” ucap Surono.

Dia melanjutkan persiapan Asian Games 2022 Hangzhou sudah dilakukan sejak SEA Games 2021 Vietnam, lalu diikuti dengan SEA Games 2023 Kamboja.

“Lalu untuk cabang-cabang olahraga yang tidak dipertandingkan di SEA Games [2023] tapi dipertandingkan di Asian Games, kita pelatnas-kan dari awal seperti untuk menembak, panahan, dan panjat tebing,” ujar Surono.

Asian Games 2022 Hangzhou menjadi prioritas bagi para atlet Indonesia mengingat statusnya yang juga merupakan salah satu penetapan untuk masuk dalam proses kualifikasi Olimpiade 2024 Paris.

“Persiapan-persiapan itu sudah kita mulai, dan mudah-mudahan nanti ke depannya agar persiapan kita ini target untuk meraih medali emas [di Asian Games] bisa terbuka,” ulas Surono.

Asian Games 2022 yang merupakan pesta olahraga terbesar empat tahunan kawasan Asia edisi ke-19 nanti akan mempertandingkan 481 nomor pertandingan/perlombaan dari 61 disiplin yang berasal dari 40 cabang olahraga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya