SOLOPOS.COM - Pembalap Francesco Bagnaia (tengah) dan dua pembalap lainnya berfoto bersama saat di podium seusai memenangi balapam MotoGP Mandalika 2023 di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB, Indonesia, Minggu (15/10/2023). (Instagram/motogp).

Solopos.com, SOLO–Tiga pembalap yang menduduki podium pada MotoGP Mandalika 2023 mendapat hadiah berupa keris. Ini merupakan pertama sepanjang sejarah MotoGP.

Para pembalap begitu takjub saat menerima hadiah tak biasa tersebut.

Promosi Tragedi Simon dan Asa Shin Tae-yong di Piala Asia 2023

MotoGP Indonesia telah rampung digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Minggu (15/10/2023).

Pembalap Ducati Lenovo Francesco “Pecco” Bagnaia keluar sebagai juara MotoGP Mandalika 2023 dengan catatan waktu 41:20.293 dalam balapan 27 lap.

Tempat kedua ditempati pembalap Aprilia Racing Maverick Vinales. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) melengkapi podium ketiga.

Ada hal menarik selepas balapan. Tiga pembalap tercepat di MotoGP Mandalika 2023 itu mendapat hadiah spesial dari penyelenggara.

Dikutip dari Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB, untuk kali pertama di dunia peraih podium MotoGP dihadiahi pusaka berupa keris.

“Pemerintah Provinsi NTB melalui BPPD NTB yang berkolaborasi dengan MGPA, ITDC, Dorna, dan Dyandra merangkul IKM lokal NTB, IHGMA, dan Paguyuban Keris Pasek NTB yang secara khusus membuat tiga buah keris untuk dihadiahkan kepada para peraih podium di final MotoGP Mandalika,” bunyi keterangan unggahan Instagram @bppdntb yang dikutip Senin (16/10/2023).

Penyerahan hadiah keris tersebut berlangsung setelah podium ceremony. Penjabat (Pj) Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi memberikan keris kepada Fabio Quartararo sebagai peringkat 3. Dilanjutkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno kepada Maverick Vinales sebagai runner-up. Terakhir, Menteri BUMN Erick Thohir memberikan keris kepada sang juara, Francesco Bagnaia alias Pecco.

“Adapun alasan dibalik pemilihan Keris adalah karena merupakan simbol ketangkasan pria Indonesia, pelindung dan juga sebagai penjaga. Selain itu juga karena Keris telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya berupa benda milik Indonesia,” tulis BPPD.

Selain semua fungsi di atas, bagi masyarakat Suku Sasak di Lombok keris adalah aksesoris wajib bagi pria. Keris akan selalu menempel dalam balutan pakaian adat lengkap pria suku sasak.

Ketiga pembalap tersebut terlihat takjub seusai menerima keris hadiah MotoGP Mandalika. Para pembalap itu dengan hati-hati menarik keluar keris dari sarungnya. Pecco, Vinales, dan Quartararo terlihat semringah menerima hadiah keris tersebut.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Badan Promosi Pariwisata Daerah NTB (@bppdntb)

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Pertama di Dunia, Juara MotoGP Mandalika Dapat Hadiah Keris Pusaka”

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya