SOLOPOS.COM - Logo ISL 2013 (dokJIBI/SOLOPOS)

Logo ISL 2013 (dokJIBI/SOLOPOS)

BALIKPAPAN—Persiba Balikpapan mampu menahan gempuran pimpinan klasemen ISL 2013 Persipura Jayapura dengan hasil akhir 3-3 di Stadion Persiba, Kamis (20/6/2013) sore.

Promosi Mimpi Prestasi Piala Asia, Lebih dari Gol Salto Widodo C Putra

Pertandingan yang diwarnai dengan tiga penalti, dua kartu kuning dan satu kartu merah ini berjalan cukup menarik karena sejak awal pertandingan kedua kesebelasan bermain terbuka.

Dua gol penalti Persipura dicetak oleh Otavia Dutra dan satu gol tambahan oleh Boaz Solossa. Sedangkan tiga gol tuan rumah dihasilkan oleh Syakir Sulaiman, Patrice Nzekou dan Arifki Ekaputra.

Hasil seri ini masih mengokohkan Persipura di puncak klasemen dengan 64 poin, unggul 14 angka dari peringkat kedua Arema. Sedangkan untuk tim beruang madu tak mengubah posisinya di urutan 13 klasemen dengan mengumpulkan 26 poin.

Jalannya Pertandingan

Persiba Balikpapan memulai kick off babak pertama. Di sepuluh menit pertama Persiba menguasai lapangan tengah mencoba menerobos pertahanan Persipura Jayapura yang dikawal Bio Paulin.

Di menit ke-21 usaha Persiba membuahkan hasil dengan menyarangkan bola ke gawang Yoo Jae Hun lewat tendangan Syakir Sulaiman.

Namun petaka menghampiri tuan rumah, 30 menit babak pertama berjalan, Rudi Widodo terlihat wasit tengah melakukan aksi menahan bola di depan gawangnya sendiri menggunakan tangan. Tak ayal Persipura mendapatkan hadiah penalti, dan Rudi di kartu merah wasit.

Otavio Dutra yang menjadi algojo sukses menyamakan kedudukan 1-1 lewat titik 12 pas. 10 menit berselang, bek Persiba kembali melakukan kesalahan fatal. Dimulai dari aksi Ortizan Solossa yang menerobos ke kotak penalti Persiba terpaksa dijatuhkan Syakir.

Syakir mendapatkan kartu kuning dan Persipura kembali mendapatkan penalti. Dutra yang menjadi algojo mampu menunaikan tugas untuk kedua kalinya. Persipura unggul 1-2..

Di babak kedua, Persipura menambah keunggulan lewat kaki sang kapten. Boaz solossa mencetak gol cantik di menit ke-55 lewat tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti. Tendangan Boaz meluncur mulus tanpa bisa dibendung oleh kiper Persiba, Wawan. Persipura unggul 1-3.

Persiba yang bermain dengan 10 pemain sejak menit 30 berusaha mengejar ketertinggalannya. Meski hanya 10 pemain, Persiba mampu membuat repot lini belakang Persipura. Bahkan Robinson hampir saja membobol gawang Persipura andai tendangan saltonya tak melambung tipis di atas mistar.

Usaha Persiba membuahkan hasil, Wanggai kepergok menahan bola dengan tangan di kotak penalti saat mengantisipasi umpan silang Syakir. Nzekou yang menjadi algojo tendangan penalti  mampu mengubah keadaan menjadi 2-3.

Di menit akhir atau tepatnya di menit ke 89, Persiba mampu menyamakan kedudukan menjadi 3-3 lewat tendangan keras dari Arifki dari dalam kotak penalti.

Susunan Pemain

PERSIBA

Wawan; Ekaputra, Bezi, Maulana, Yusar, Kim, Syakir, Bahtiar, Robinson, Rudi, Nzekou.

PERSIPURA

Yoo, Dutra, Bio, Ortizan, Ricardo, Ian Kabes, Manu Wanggai, Lim Jun Sik, Tinus Pae, Patrich, Boaz

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya