SOLOPOS.COM - Striker Persib, Sergio van Dijk, tampil cemerlang saat membantu timnya memenangi Derby Bandung kontra Pelita Bandung Raya, dengan skor 4-3, di Stadion Si Jalak Harupat, Selasa (11/6/2013) sore WIB. dokJIBI/SOLOPOS/Antara

Striker Persib, Sergio van Dijk, tampil cemerlang saat membantu timnya memenangi Derby Bandung kontra Pelita Bandung Raya, dengan skor 4-3, di Stadion Si Jalak Harupat, Selasa (11/6/2013) sore WIB. dokJIBI/SOLOPOS/Antara

SOLO – Derby Bandung menjadi milik Persib Bandung setelah mengalahkan rival sekotanya, Pelita Bandung Raya (PBR), di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Selasa (11/6/2013) sore WIB. Maung Bandung, julukan Persib, sukses mengalahkan PBR lewat pertarungan ketat dengan skor 4-3.

Striker naturalisasi Sergio van Dijk tampil sebagai insipirator kemenangan Persib. Van Dijk tak hanya menyumbang dua gol, namun juga dua assist bagi dua gol Persib lainnya, yang diciptakan Supardi dan Kenji Adachihara.

Sementara di kubu PBR, Marwan Sayedeh menjadi pemain yang paling berperan dalam penampilan timnya. Marwan menyumbang dua gol dan satu assist untuk terciptanya gol yang diukir Abdoulaye Sekou Camara.

Berkat kemenangan ini, Persib tetap berada di urutan keempat klasemen Liga Super Indonesia (ISL) 2013, menempel Sriwijaya FC , yang berada di posisi ketiga. Persib saat ini mengoleksi 44 poin atau tertinggal satu poin dari Sriwijaya FC.

Sementara, meski tampil impresif, kekalahan ini membuat PBR tetap berada di urutan ke-14. PBR saat ini mengoleksi nilai 24, tertinggal satu poin dari Persepam MU, di urutan ke-13 dengan nilai 23

Derby Bandung antara Persib dan Pelita Bandung Raya (PBR), yang disiarkan secara langsung oleh TV One itu, berlangsung ketat. Dua tim asal Bandung memperlihatkan permainan terbuka dan saling serang sejak kick off babak pertama dibunyikan.

Baik Persib maupun PBR sempat kesulitan menerapkan permainan di awal laga, karena lapangan yang becek akibat karena guyuran hujan sebelum pertandingan. Namun, dalam kondisi itu PBR jauh lebih beruntung dibanding rival sekotanya.

Pada menit 31, pasukan Badak Biru, julukan PBR, mampu menciptakan keunggulan lewat gol Abdoulaye Sekou Camara, yang memanfaatkan umpan terobosan Marwan Sayedeh.

Namun, keunggulan PBR tak bertahan lama. Pada menit ke-43, Persib mampu menyamakan kedudukan lewat Sergio van Dijk. Striker naturalisasi Indonesia itu menjebol gawang PBR, yang dijaga Tema Mursada, lewat tandukannya.

Mampu menyamakan kedudukan 1-1 membuat Persib kian percaya diri. Alhasil, di masa injury time babak pertama, Persib berbalik unggul lewat Supardi, yang memanfaatkan assist Van Dijk. Persib pun menutup babak pertama dengan keunggulan 2-1.

Memasukki babak kedua, kedua tim asal Bandung ini kembali saling beradu serang. Namun, serangan yang dibangun anak asuh Djajang Nurjaman lebih efektif. Ini dibuktikan Maung Bandung dengan memperbesar keunggulannya lewat gol Kenji Adhachihara. Striker asal Jepang ini mencatatkan namanya di papan skor juga setelah memanfaat umpan terukur Van Dijk.

Unggul 3-1 tak membuat Maung Bandung menyurutkan serangannya. Persib kembali memberi determinasi tinggi.

Alhasil, Persib pun kembali memperbesar keunggulan melalui Van Dijk. Eks striker Brisbane Roar itu menambah keunggulan Persib, menjadi 4-1 melalui sepakan firs time-nya di menit ke-70. Ini merupakan gol Van Dijk ke-15 sepanjang musim ini di ISL 2013.

Tertinggal 4-1 tak membuat Badak Biru patah semangat. Gaston Castanyo cs mencoba bangkit untuk menyamakan kedudukan. Tekanan demi tekanan pun diperlihatkan PBR dan upaya ini pun menuai hasil di menit ke-80 lewat Marwan Sayedeh. PBR pun memperkecil ketertinggalan menjadi 4-2.

Akan tetapi upaya PBR tak berhenti sampai di situ. Tak sampai satu menit , Pasukan Badak Biru kembali menjebol gawang Persib. Lagi-lagi, Marwan yang menjadi inspirator timnya dengan mencatatkan namanya di papan skor kedua kalinya setelah aksinya tak mampu dihalau barisan pertahanan Persib.

Kedudukan pun menjadi 4-3, masih untuk keunggulan Persib.

Mampu menciptakan dua gol dalam jangak waktu satu menit membuat PBR kian termotivasi. Namun, Persib juga tak ingin kembali kecolongan. Alhasil duel saling serang pun tak terhindarkan. Namun, hingga peluit panjang, tanda akhir pertandingan dibunyikan wasit Maulana Nugraha, kedudukan 4-3 untuk keunggulan Persib tak berubah.

Susunan Pemain

Persib Bandung (4-4-2)



Shahar (Gk); Supardi, Abanda, Suparman, Tony (Jajang Sukmara 80′); Ridwan, Hariono, Asri Akbar, Atep (M Agung 88′); Kenji (Airlangga Sucipto 66’), Van Dijk

Pelita Bandung Raya (4-3-3)

Tema (Gk); Erik, Mijo Dadic (Iman Faturahman 72′), Rama, Munadi (Nova Arianto 84′); Gultom, Rizky Pellu, M.Arsyad (Kyeong Min-Park 74′); Camara, Gaston, Marwan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya