SOLOPOS.COM - Pemain Timnas Kroasia yang bermain untuk RB Leipzig Josko Gvardiol menjadi bek termahal di dunia. (Twitter @Gvardiol)

Solopos.com, SOLO—Pemain muda Timnas Kroasia yang bermain bersama klub Bundesliga RB Leipzig Josko Gvardiol menempati urutan teratas bek termahal di dunia. Menurut Transfermarkt, harga pasaran Gvardiol mencapai 75 juta Euro atau senilai Rp1,3 triliun.

Gvardiol mengungguli bek andalan Manchester City asal Portugal Ruben Dias dan palang pintu Chelsea Reece James.

Promosi Era Emas SEA Games 1991 dan Cerita Fachri Kabur dari Timnas

Pemain kelahiran Zagreb, Kroasia 23 Januari 2002 menempati posisi utama sebagai bek tengah. Namun peran  awalnya adalah sebagai bek kiri.

Kiprah Gvardiol sebelum menjadi bek termahal di dunia bermula pada usia tujuh tahun bersama Tresnjevka. Di klub itu, bakat Gvardiol terasah. Keluarganya memilih Dinamo Zagreb sebagai pelabuhannya.

Sebelum menjadi bek tengah, Gvardiol bermain sebagai bek kiri atau gelandang tengah di masa muda. Namun, pelatih akademi Dinamo Zagreb kala itu, Dalibor Poldrugac, memainkannya di posisi bek tengah.

Gvardiol semakin bersinar dan memilih Dinamo Zagreb dan mendapatkan debut profesional pada musim 2019-2020. Di sinilah kemampuan Gvardiol terasah hingga menjadi bek termahal di dunia.

Selama membela Dinamo Zagreb, Gvardiol telah memainkan 52 pertandingan dengan sumbangan 4 gol dan 3 assist.  RB Leipzig pun menebusnya pada 2020 dengan harga Rp326,77 miliar.

RB Leipzig  meminjamkan Gvardiol terlebih dulu ke Dinamo Zagreb selama semusim, sebelum akhirnya bergabung ke Jerman pada 2021. Gvardiol dikontrak Leipzig hingga 30 Juni 2025 dan telah menandatangani perpanjangan kontrak hingga 2027.

Gvardiol sudah tampil selama 46 pertandingan bersama Leipzig di Bundesliga dengan mencetak 2 gol dan 2 assist. Pada musim ini dia tampil 17 kali di Bundesliga, 4 kali di Liga Champions dan mencetak 1 gol serta 3 kali di ajang DFB Pokal.

Gvardiol sebagai bek termahal di dunia tidak terlepas dari performa apiknya saat Piala Dunia 2022 di Qatar. Dia melakukan debut di tim nasional Kroasia pada Juni 2021 lalu, pada usia yang baru 19 tahun. Gvardiol tampil 19 kali dengan mencetak dua gol.

Gvardiol pun menjadi andalan lini pertahanan Kroasia di Piala Dunia 2022. Gvardiol berperan besar bagi Kroasia yang akhirnya menjadi juara tiga di Qatar.

Penampilan gemilangnya di Piala Dunia 2022 membuat pemain berpostur 1,85 meter itu menjadi bek termahal di dunia. Beberapa klub Eropa meminangnya, terutama Chelsea. Namun Leipzig tidak akan melepas Gvardiol kecuali jika ada klub yang mau membayar Rp1,4 triliun untuk memboyong Gvardiol.

 

Profil Josko Gvardiol, bek termahal di dunia:

Nama di negara asal: Josko Gvardiol

Tanggal lahir: 23 Jan 2002

Tempat kelahiran: Zagreb, Kroasia

Usia: 21 tahun

Tinggi: 1,85 m

Kewarganegaraan: Kroasia

Posisi: Bek tengah

Kaki: kiri

Agen pemain: Marjan Sisic

Klub Saat Ini: RB Leipzig



Bergabung: 1 Jul 2021

Kontrak berakhir:  30 Jun 2027

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya