SOLOPOS.COM - Pemain Kyrgistan, Joel Kojo, meluapkan kegembiraan setelah mencetak gol ke gawang Oman pada menit ke-80 dalam laga terakhir Grup E Piala Asia Qatar 2023, Kamis (26/1/2024) malam WIB. Gol tersebut menjadikan Indonesia lolos ke Babak 16 Besar. (IG @kojo_joel_10)

Solopos.com, DOHA — Pemain Kyrgistan, Joel Kojo, menjadi pahlawan bagi Indonesia setelah mencetak gol penyama kedudukan ke gawang Oman pada menit ke-80, yang menjadikan Garuda lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia Qatar 2023.

Skor imbang 1-1 membuat ambisi Oman untuk menjadi tim terakhir yang bergabung ke fase knock out buyar.

Promosi Tragedi Simon dan Asa Shin Tae-yong di Piala Asia 2023

Sementara gol Joel Kojo membuat Indonesia menjadi satu dari empat tim yang lolos fase grup dari jalur peringkat tiga terbaik.

Banjir ucapan terima kasih mengalir ke akun Instagramnya, @kojo_joel_10, beberapa saat setelah dirinya mencetak gol ke gawang Oman.

Pengikut atau follower Joel Kojo di Instagram juga langsung meroket.

Pantauan Solopos.com, awalnya pengikut Joel Kojo ada di kisaran 22.000 akun. Pada Jumat (26/1/2024) pukul 08.00 WIB jumlahnya melonjak hingga lebih dari 78.000 follower.

Bukan tidak mungkin jumlahnya ini akan terus bertambah hingga beberapa hari ke depan.

All thanks to almighty God, the fans for all this moment. I will like to say a very thanks to all of you, alga Kyrgistan siuuu vamos (Terima kasih banyak Tuhan Yang Maha Kuasa, para penggemar untuk semua momentum ini. Aku mengucapkan terima kasih untuk kalian semua, alga Kyrgistan siuuu vamos),” tulis Joel Kojo di unggahannya yang disukai 40.259 orang.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia mencetak sejarah untuk kali pertama lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia.

Indonesia lolos berkat bantuan Kyrgistan yang menahan imbang Oman 1-1 dalam laga terakhir Grup F, Kamis (25/1/2024) malam WIB.

Gol Kyrgistan dicetak pemain Joel Kojo pada menit ke-80 memanfaatkan kesalahpahaman kiper dan pemain belakang Oman.

Bola yang lepas berhasil direbut Kojo yang lantas menendang bola dari sudut sempit di sisi kanan pertahanan Oman.

Oman lebih dulu mencetak gol pada menit ke-8 babak pertama oleh Muhsen Al Ghassani. Hingga babak pertama berakhir Oman terus menyerang pertahanan Kyrgistan karena masih berpeluang lolos ke Babak 16 Besar.

Sementara Kyrgistan yang punya peluang asal mencetak dua gol mencoba bertahan.

Petaka bagi Oman terjadi pada menit ke-80. Kiper dan pemain belakang saling berebut bola hingga membuat bola lepas yang langsung disambar Joel Kojo.

Hasil imbang 1-1 Kyrgistan versus Oman membuat Indonesia mencetak sejarah lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia untuk kali pertama.

Dalam empat kali keikutsertaan sebelumnya yakni tahun 1996, 2000, 2004 dan 2007 langkah Indonesia selalu terhenti di babak fase grup.

Seperti diberitakan, Kyrgistan tadi malam menjadi satu-satunya harapan Indonesia untuk bisa lolos ke Babak 16 Besar setelah Palestina, Bahrain dan Syiria menang pada laga terakhir di masing-masing grup.

Selain harapan, Kyrgistan juga bisa menjadi ancaman bagi Indonesia jika bisa menang atas Oman lebih dari 1-0.

Kyrgistan memiliki poin nol dan minus empat gol. Jika bisa menahan imbang Oman, poin Kyrgistan menjadi satu sehingga Indonesia yang lolos karena memiliki poin tiga minus tiga gol.

Namun jika Kyrgistan menang 2-0 atau lebih maka justru negara tersebut yang lolos. Kyrgistan bakal mengemas poin tiga minus dua gol dan membuat Indonesia serta Oman tersingkir.

Sementara Oman saat ini memiliki poin satu minus satu gol. Jika menang atas Kyrgistan dengan skor berapapun, Oman lolos ke 16 Besar sedangkan Indonesia tersingkir.

Dalam dua pertemuan terakhir, Oman dan Kyrgistan saling mengalahkan. Pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 21 November 2023, Kyrgistan menang 1-0 atas Oman.

Sementara Oman mengalahkan Kyrgistan dengan skor sama dalam ajang Piala Negara CAFA pada 20 Juni 2023.



Klasemen Peringkat Tiga Terbaik

1. Yordania 4

2. Palestina 4

3. Syiria 4

4. Indonesia 3

5. China 2

6. Oman 1

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya