SOLOPOS.COM - Ketua Komite Pemilihan, Pujinta (tengah) menunjukkan berkas verifikasi bakal calon ketua Askot PSSI Solo di Balai Muhammadiyah Solo, pada Kamis (31/3/2022). (Solopos.com/Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SOLO – Pembina PS Unsa-ASMI, Arya Surendra, menjadi calon tunggal Ketua Askot PSSI Solo periode 2022-2026 pada kongres luar biasa (KLB) yang berlangsung di Balai Tawang Arum, kompleks Balai Kota Solo, Jumat (1/4/2022).

Hal itu setelah satu bakal calon (balon) lain yakni mantan Ketua Harian Persis Solo, Yoscha Herman Soedradjad, tak lolos proses verifikasi data pendaftaran.

Promosi Selamat Datang Kesatria Bengawan Solo, Kembalikan Kedigdayaan Bhineka Solo

Dengan kondisi tersebut jalan Arya Surendra menuju kursi Ketua Askot PSSI Solo sangat lapang.

Baca Juga: Besok, KLB Pilih Ketua Baru Askot PSSI Solo

Kepengurusan Askot PSSI Solo yang baru nanti memikul harapan bagi para pemain muda dan kompetisi sepak bola lokal Solo. Saat ini tak jarang sejumlah pemain lokal Solo mengadu nasib di luar daerah sebagai pesepak bola.

Sebelumnya, Pengurus Askot PSSI Solo di bawah kepemimpinan Paulus Haryoto dibekukan setelah mendapatkan surat mosi tidak percaya dari klub. Paulus Haryoto terpilih sebagai Ketum Askot PSSI Surakarta periode 2019-2023.

Pada 10 Maret 2022 anggota DPRD Kota Solo itu mengundurkan diri dari jabatan Ketua PSSI Askot Solo. Pengunduran diri Paulus tertuang dalam surat yang diterima Asprov PSSI Jateng tertanggal 7 Maret 2022.

“Dari tahapan awal mulai Senin lalu, berlanjut proses verifikasi hingga penetapan calon Ketua Askot PSSI Solo telah selesai dan semuanya berjalan secara terbuka,” kata Ketua Komite Pemilihan, Pujinta, kepada awak media dalam jumpa pers di Balai Muhammadiyah, Solo, Kamis (31/3/2022).

Baca Juga: Hadir di Bali, Erick Thohir Dimintai Oleh-Oleh Pemain untuk Persis Solo

Pujinta mengatakan dalam proses verifikasi, Arya Surendra semula mendapat dukungan dari 16 klub internal. Namun, dua diantaranya gugur karena terlambat mengirimkan surat dukungan secara fisik ke panitia.

Sementara itu, Yosca Herman awalnya mendapat dukungan dari tiga klub internal namun hanya satu yang dinyatakan lolos verifikasi.

“Sesuai dengan statuta, syarat minimal bakal calon ketua adalah mendapatkan dukungan dari sembilan klub internal. Dengan demikian, hanya Rio

Arya Surendra yang dinyatakan lolos verifikasi,” tegas Pujinta.

Baca Juga: Perjalanan Fantastis Bali United Menjadi Juara Liga 1 20221/2022

Sementara itu, Rio, panggilan akrab Arya Surendra yang saat ini menjabat Plt Ketua Askot PSSI Solo mengapresiasi kerja keras panitia pelaksana.

“Tahapan kongres sesuai statuta PSSI telah dilaksanakan, mulai pendaftaran sampai pemberitahukan daftar calon tetap. Mudah-mudahan agenda KLB besok berjalan lancar,” ujar dia.

Bergulirnya KLB sesuai hasil pertemuan dengan melibatkan 26 klub internal Persis Solo pada Minggu (27/3/2022). Sarasehan dipimpin Plt. Ketua Askot PSSI Solo, Arya Surendra.

“Saya ditunjuk jadi Plt oleh asprov, setelah Pak Paulus mundur. Pak Paulus ingin fokus di bidang lain,” kata Arya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya