SOLOPOS.COM - Petarung MMA Indonesia Jeka Saragih (kiri) berlatih bersama Marc Fiore (kiri) di Studio 540 di San Diego. (Antara/HO)

Solopos.com, SOLOJeka Saragih mengukir sejarah sebagai petarung Indonesia pertama yang berlaga di bela diri campuran terbesar di dunia, Ultimate Fighting Championship (UFC) yang diakhirinya dengan kemenangan fantastis di debutnya, berikut perjalanannya hingga sampai ke oktagon UFC.

Jeka Saragih sukses menghabisi Lucas Alexander dengan kemenangan TKO pada ronde pertama.

Promosi Tragedi Simon dan Asa Shin Tae-yong di Piala Asia 2023

Hebatnya lagi, Jeka menyudahi perlawanan Alexander dalam waktu cukup singkat, 91 detik atau satu menit 31 detik.

Pada awal pertarungan terlihat Jeka dan Alexander masih meraba kekuatan masing-masing.

Jeka sempat dihantam pukulan tangan kiri Alexander. Sedikit terhuyung-huyung, Jeka mempertahankan posisinya dan masih terus bertarung.

Petarung asal Simalungun, Sumatra Utara, itu mampu menepis tendangan Alexander dan membuatnya jatuh ke matras.

Alexander yang terjebak di bawah berusaha mengunci kaki dan tangan Jeka agar tak melepaskan serangan. Satu momentum dimanfaatkan Jeka ketika ia melepaskan kuncian dengan memutar tubuhnya.

Alexander yang tidak siap, bangkit sambil membelakangi Jeka. Hal ini langsung dimanfaatkan Jeka untuk melayangkan pukulan tangan kanan ke arah wajah Alexander.

Pukulan itu membuat petarung asal Brasil itu terjatuh ke sudut ring. Jeka langsung menghujani lawannya itu dengan pukulan hingga akhirnya dia dinyatakan menang KO atas Lucas Alexander.

Lantas bagaiman perjalanan Jeka Saragih sampai ke UFC? Berikut ini ulasannya.

Jeka Saragih mendapat kontrak di UFC pada Februari 2023 lalu. Petarung asal Sumatra Utara itu dikontrak untuk lima pertandingan kelas bulu UFC.

Jeka yang merupakan jebolan One Pride MMA tersebut punya rekor 13 kali menang dan 3 kali kalah.

Untuk masuk ke UFC Jeka Saragih harus melalui pertarungan Road to UFC. Pada laga semifinal, dia menumbangkan petarung Korea Selatan Ki Won-bin dengan TKO pada ronde pertama dengan durasi dua menit 41 detik di Crowne Plaza, Abu Dabi, Uni Emirat Arab, 23 Oktober 2022.

Kemudian, pada laga final Jeka kalah TKO dari petarung India Anshul Jubli di UFC Apex, Nevada, Amerika Serikat, 5 Februari 2023.

Pada pertarungan tersebut Jeka kalah TKO pada ronde kedua. Namun meski kalah, Jeka tetap mendapat kontrak UFC melihat performanya yang apik.

Seiring berjalannya waktu, Jeka Saragih lalu dijadwalkan melakoni debut dengan di UFC. Saat itu dia rencananya berhadapan dengan Jesse Butler.

Namun, laga tersebut batal lantaran Butler mengundurkan diri karena cedera. Selanjutnya UFC mencarikan lawan pengganti yang kemudian terpilih Lucas Alexander sebagai calon lawan Jeka.

Puncaknya, dia dipastikan melawan Lucas Alexander. Akhirnya Jeka sukses mengalahkan Butler di pertandingan pertama di UFC.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya