SOLOPOS.COM - Novak Djokovic menempati unggulan teratas di Grand Slam AS Terbuka. DokJIBI/Solopos/Reuters

Solopos.com, MIAMI – Novak Djokovic menempati posisi sebagai unggulan teratas dalam gelaran Grand Slam AS Terbuka 2013 di Flushing Meadows, Florida, 16 Agustus-9 September 2013. Sementara, petenis Spanyol, Rafael Nadal menempati seeded kedua.

Dilansir situs resmi AS Terbuka di www.usopen.org, Djokovic, yang selalu melaju ke partai semifinal atau final sejak 2007 itu, mampu mempertahankan posisinya secara stabil di ranking dunia ATP. Hal ini membuat petenis Serbia itu mendapatkan seeded di posisi teratas.

Promosi Tragedi Kartini dan Perjuangan Emansipasi Perempuan di Indonesia

Mendapat seeded teratas ini merupakan kali kedua di ajang AS Terbuka yang diperoleh Djokovic. Sebelumnya, Djokovic juga mendapatkan predikat unggulan teratas pada gelaran 2011 lalu.

Sementara itu, Nadal mendapat posisi unggulan kedua tak terlepas dari prestasinya dalam dua pekan terakhiryang mampu menjuarai dua event berlabel masters, yakni Montreal Masters dan Cincinnati Master. Dua title secara back to back yang diraih petenis kidal asal Spanyol itu membuat peringkatnya di daftar petenis ATP dunia naik ke urutan dua.

Sedang, juara bertahan AS Terbuka, Andy Murray, akan mengawali kampanye mempertahankan gelarnya sebagai unggulan ketiga. Murray diikuti David Ferrer di seeded keempat, Tomas Berdych di unggulan kelima, serta juara AS Terbuka 2009, Juan Martin del Potro, di posisi unggulan keenam.

Tahun lalu posisi unggulan teratas diklaim oleh kolektor lima trofi AS Terbuka, Roger Federer. Namun, kali ini petenis asal Swiss itu hanya berada di seeded ketujuh. Posisi unggulan ketujuh merupakan pencapaian terburuk bagi Federer sejak 2002, di mana dirinya tampil dari seeded ke-13.

Ini merupakan keikutsertaan ke-13 secara beruntun Federer di AS Terbuka. Federer menjadi petenis pria ketiga yang memiliki keikutsertaan terbanyak di AS Terbuka sejak Open Era. Keikutsertaan terbanyak saat ini masih dikantongi Jimmy Connors dengan 18 kali keikutsertaan sejak 1972-1989 dan Ivan Lendl di posisi kedua dengan 14 kali sejak 1980-1993.

Berikut Daftar Unggulan di Grand Slam AS Terbuka 2013
No     Petenis     Negara
1     Novak Djokovic     Serbia
2     Rafael Nadal     Spanyol
3     Andy Murray     Inggris Raya
4     David Ferrer     Spanyol
5     Tomas Berdych     Republik Cheska
6     Juan Martin del Potro     Argentina
7     Roger Federer     Swiss
8     Richard Gasquet     Prancis
9     Stanislas Wawrinka     Swiss
10     Milos Raonic     Kanada
11     Kei Nishikori     Jepang
12     Tommy Haas     Jerman
13     John Isner     AS
14     Jerzy Janowicz     Polandia
15     Nicolas Almagro     Spanyol

Sumber :  www.usopen.org/JIBI/yud

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya