SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Tiga kandidat pemenang Ballon d’Or (dari kiri ke kanan), Cristiano Ronaldo, Andres Iniesta, Lionel Messi. JIBI/SOLOPOS/Reuters

ZURICH – Nama pemenang Ballon d’Or segera diumumkan. Ada tiga nama yang akan memenangkan penghargaan figur pesepak bola terbaik tahun 2012, yakni Lionel Messi, Cristiano Ronaldo dan Andres Iniesta. Berikut komentar ketiga kandidat menjelang pengumuman.

Promosi Liga 1 2023/2024 Dekati Akhir, Krisis Striker Lokal Sampai Kapan?

Messi menjadi kandidat yang paling dijagokan meraih Ballon d’Or tahun 2012. Meski demikian, superstar asal Argentina itu mengaku tahun 2012 bukanlah pencapaian terbaiknya meskipun ia sukses memecahkan rekor Gerd Muller dengan mengemas 91 gol dalam satu kalender tahun.

Si Kutu Ajaib ini menyebut pencapaian timnya, Barcelona, musim lalu yang minim gelar menjadi alasan kenapa ia tak terlalu antusias menyambut pengumuman Ballon d’or.

“Ini bukan tahun terbaik saya. Saya lebih suka memenangkan penghargaan untuk tim dari pada individu. Ada saatnya kami meraih banyak trofi dan itu lebih menyenangkan,” ujar peraih Ballon d’Or dalam tiga tahun belakangan ini dilansir ESPN Soccernet, Senin (7/1/2013).

Ronaldo, yang juga pernah memenangi Ballon d’Or tahun 2008, mengaku santai menanti pengumuman pemenang. “Bagi saya berada di sini bersama para pemain terbaik adalah kebanggaan. Jujur, saya merasa sangat tenang. Ini bukan masalah hidup dan mati. Jika saya tidak menang, itu bukan masalah besar dan hidup terus berlanjut. Kami telah memenangkan La Liga dan Piala Super Spanyol. Saya telah meraih banyak hal meskipun tidak menang hari ini,” tutur penyerang Real Madrid itu.

Sementara, runner up Ballon d’Or tahun 2010, Iniesta menyebut masuk sebagai kandidat saja sudah merupakan anugerah baginya. “Saat kecil, Anda memiliki motivasi untuk menjadi yang terbaik, tapi Anda takkan pernah membayangkan bisa ada di sini. Ini luar biasa karena banyak pemain hebat. Bisa berdiri bersama Ronaldo dan Messi membuat saya bangga,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya