SOLOPOS.COM - Liga Europa

Solopos.com, IRLANDIA — Final Liga Europa akan mempertemukan Atalanta dengan juara Bundesliga Jerman musim ini, Bayer Leverkusen, di Stadion Aviva, Dublin, Irlandia, Kamis (23/5/2024) dini hari WIB. Leverkusen yang menyandang status tak terkalahkan di kancah liga domestik sepanjang musim ini pun diunggulkan bakal memenangi laga ini.

Kendati demikian, para pemain Atalanta tidak gentar dengan status tak terkalahkan Leverkusen itu. Gelandang sekaligus kapten Atalanta, Marten de Roon, bahkan mengaku siap memberikan kekalahan perdana bagi skuad besutan Xabi Alonso itu.

Promosi Semarang (Kaline) Banjir, Saat Alam Mulai Bosan Bersahabat

“Mereka terlihat tak terkalahkan, tapi mungkin kami bisa mengubah keadaan,” kata De Roon dikutip dari laman berita Antara, Rabu (22/5/2024).

“Mereka menjalani musim yang sempurna hingga saat ini. Saya tidak ingin mengatakan mereka memiliki kekurangan, namun setiap tim bisa dikalahkan,” kata gelandang asal Belanda berusia 33 tahun itu.

Di bawah asuhan pelatih Gian Piero Gasperini, Atalanta berubah dari tim papan tengah menjadi klub papan atas di Liga Seri A Italia serta menjadi pesaing terdekat Juventus dan AC Milan.

Namun, De Roon berharap keberhasilan Atalanta perlu dibuktikan dengan hadirnya sebuah piala, yakni Liga Europa. Gelar juara juga akan mengakhiri penantian 61 tahun Atalanta yang nirgelar.

Atalanta belum pernah mendapatkan piala di level kompetisi Eropa, dengan piala terakhir yang mereka amankan adalah Coppa Italia pada musim 1963.

“Yang penting kami ingin memenangkan pertandingan. Dengan atau tanpa saya, tidak masalah, yang penting mengangkat trofi. Kami akan mengerahkan segala daya kami untuk melakukan hal itu,” ujar De Roon.

Perpanjang Rekor

Sementara itu, Pelatih Bayer Leverkusen, Xabi Alonso, mengatakan timnya dalam kekuatan penuh untuk melakoni final Liga Europa melawan wakil Italia, Atalanta. Leverkusen yang tak terkalahkan saat menjuarai Bundesliga Jerman, saat ini sedang mengincar gelar keduanya musim ini sekaligus memperpanjang rekor 51 laga tak terkalahkan di Eropa.

“Kami mempunyai tim yang hebat. Para pemain saya sudah siap! Mereka telah menunjukkan sepanjang musim bahwa mereka diciptakan untuk pertandingan seperti ini,” kata Alonso.

Menyingung kekuatan Atalanta, Alonso menyebut tim asuhan pelatih Gian Piero Gasperini itu “selalu punya ide yang jelas”.

Alonso menyebut perjalanan Atalanta di kompetisi Eropa musim ini begitu mengesankan. Hal ini dibuktikan dengan perjalanan mereka melaju ke final yang mengandaskan tim besar Liverpool di perempat final dengan skor 3-1.

“Mereka sangat sukses di Italia dan mereka juga bermain sangat baik di Eropa. Mereka berkembang. Tidak lagi sekadar agresif satu lawan satu, terkadang mereka menunggu dan melihat,” kata pelatih asal Spanyol itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya