SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Pemain Indonesia, Budi Sudarsono (jersey merah), mendapat pengawalan ketat bek Singapura, Baihakki Khaizan (dua dari kiri), dalam laga Piala AFF tahun 200. JIBI/SOLOPOS/Googleimages

KUALA LUMPUR—Indonesia akan menjalani laga menentukan kontra Singapura di ajang Piala AFF 2012 di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Rabu (28/11/2012). Bagi Indonesia, bertemu Singapura bukanlah hal baru.

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

Kedua tim di kawasan Asia Tenggara ini memiliki rivalitas yang panjang. Baik Indonesia maupun Singapura pernah sama-sama mengalahkan. Meski demikian, rekor pertemuan di antara keduanya masih terbilang milik Indonesia.

Dalam 51 kali bentrokan sepanjang sejarah, Indonesia masih lebih unggul. Skuat Garuda, julukan Indonesia, mengoleksi kemenangan sebanyak 22 kali, sedang, Singapura hanya 17 kali dan sisanya berakhir sama kuat.

Pada awal perjumpaannya, Indonesia bahkan sering kali meraih hasil impresif, seperti Merdeka Cup 1960, di mana Indonesia menang 8-3, King Cup 1968 menang 7-1 dan Merdeka Cup 1967 dengan keunggulan 9-2.

Kendati demikian, taring Indonesia kontra Singapura lambat laun seakan mulai surut. Apalagi saat keduanya berjumpa di ajang AFF.

Dalam lima pertemuan di ajang dua tahunan antarnegara-negara Asia Tenggara ini, Indonesia belum pernah sekalipun meraih kemenangan atas Singapura. Indonesia hanya mampu meraih hasil seri pada edisi 2007 dengan skor 2-2, sementara empat pertemuan lainnya berakhir dengan kekalahan.

Meski demikian, statistik ini hanya merupakan catatan di atas kertas. Hasil akhirnya baru bisa dilihat saat keduanya saling jegal di atas lapangan hijau.

Namun, menilik performa terakhir yang ditunjukkan kedua tim, Singapura memang layak diunggulkan. Apalagi setelah The Lions, julukan Singapura, meraih hasil fantastis dengan membungkam juara bertahan sekaligus tuan rumah, Malaysia, 3-0  pada debutnya di AFF 2012, Minggu (25/11/2012).

Di sisi lain, Indonesia justru tampil kurang greget. Tim besutan Nil Maizar hanya meraih hasil seri kontra tim selama ini dianggap ‘anak bawang’ di Asia Tenggara, Laos, dengan skor 2-2.

Head to head Indonesia Vs Singapura di Piala AFF

Tanggal

Babak

Hasil

3 September 1998 Semifinal Indonesia 1-2 Singapura
8 Januari 2004 Final Leg I Indonesia 1-3 Singapura
16 Agustus 2004 Final Leg II Singapura 2-1 Indonesia
17 Januari 2007 Fase Grup Singapura 2-2 Indonesia
9 Desember 2008 Fase Grup Indonesia 0-2 Singapura

Sumber: Detiksport

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya