SOLOPOS.COM - Pemain Liverpool Raheem Sterling kini lebih dipercaya Brendan Rodgers daripada Balotelli. JIBI/Rtr/Dok

Jelang Liverpool vs Swansea City menambah keyakinan Manager Liverpool Brendan Rodger bahwa Raheem Sterling kian matang.

Solopos.com, LIVERPOOL— Tidak ada tempat lagi bagi Mario Balotelli di starting XI Liverpool. Sebab pelatih tim berjuluk The Reds, Brendan Rodgers, kini lebih percaya kepada Raheem Sterling sebagai penggedor jala lawan.

Promosi Yos Sudarso Gugur di Laut Aru, Misi Gagal yang Memicu Ketegangan AU dan AL

Ya, alih-alih mempercayakan peran ujung tombak kepada Balotelli, Rodgers lebih memilih mengubah peran Sterling dari gelandang serang atau pemain sayap sebagai penyerang palsu alias false nine.
Awalnya, skema itu banyak mengundang kritik karena Sterling tak tampil efektif sebagai striker sentral ketika Liverpool dibantai Manchester United 0-3, medio bulan ini.

Namun kondisi cedera yang menimpa sejumlah striker murni The Reds, termasuk Balotelli, akhirnya memaksa Rodgers kembali menempatkan Sterling sebagai false nine. Tak butuh waktu lama bagi Sterling untuk beradaptasi di posisi barunya. Hasilnya, pemuda berusia 20 tahun tiga kali mencatatkan namanya di papan skor dalam tiga laga terakhir. Dengan rincian dua kali menjebol gawang Bournemouth di Piala Liga dan sekali mengoyak jala Burnley pada Liga Premier.

Dalam laga-laga tersebut, Sterling diapit Philippe Coutinho di sebelah kanan dan Adam Lallana di sayap bagian kiri. Rodgers pun sepertinya semakin nyaman memakai formasi 3-4-3 dengan menempatkan Sterling sebagai tumpuan serangan.

Peran Sterling sebagai bomber Liverpool akan kembali dinantikan ketika The Reds menjamu Swansea City pada matchday ke-19 Liga Premier di Stadion Anfield, Selasa (30/12/2014) pukul 03.00 WIB.

“Saya benar-benar percaya dia [Sterling] memiliki kemampuan mencetak gol. Dia sangat alami. Sentuhan bolanya  terjamin,” beber Rodgers, seperti dilansir liverpoolecho.co.uk, Minggu (28/12).

Hingga pekan ke-18, Liverpool masih terjerembab di papan tengah klasemen sementara dengan koleksi 25 poin. Steven Gerrard dkk. tertinggal 20 poin dari pemuncak klasemen sementara, Chelsea. Bahkan, The Reds masih kalah dua poin dari Swansea yang bertengger satu undakan di atas mereka.

Rodgers harus menyiapakn strategi jitu untuk menghadapi mantan klubnya tersebut. The Swans, julukan Swansea, meraih kemenangan dalam dua laga terakhirnya, dengan menekuk Hull City dan Aston Villa masing-masing lewat skor 1-0.

“Dia [Rodgers] manajer yang fantastis dan seseorang yang menjadi panutanku. Kami bisa berbincang tentang sepak bola dan segala hal. Sesuatu yang bisa menginspirasiku,” urai manajer Swansea, Gary Monk, yang pernah menjadi anak buah Rodgers di Swansea, dilansir Daily Mail.

Liverpool tidak akan diperkuat kiper Brad Jones yang dibekap cedera. Penjaga gawang The Reds akan dikembalikan ke Simon Mignolet yang tampil mengecewakan sebelum digeser Jones. Sementara Swansea kemungkinan besar tidak akan memainkan Jefferson Montero yang dibekap cedera hamstring. (Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos)

LIVERPOOL VS SWANSEA CITY
• Live Bein Sports 3, Selasa (30/12) Pukul 03.00 WIB
• Lokasi : Stadion Anfield (Liverpool)
• Wasit : Andre Marriner

– Liverpool (3-4-3)
– Pelatih : Brendan Rodgers
– Pemain: Mignolet, Can, Skrtel, Sakho
Henderson, Gerrard, Leiva, Markovic, Lallana, Sterling, Coutinho
– Cadangan: Toure, Lambert, Ojo, Balotelli, Alberto Moreno, Manquillo, Borini

– Swansea City (4-2-3-1)
– Pelatih : Gary Monk
– Pemain: Fabianski, Richards, Fernandez, Williams, Taylor, Shelvey, Sung-Yong Ki
Dyer, Sigurdsson, Routledge, Bony
– Cadangan: Angel Rangel, Montero, Carroll, Emnes, Gomis, Tremmel, Bartley

Tiga Pertemuan Terakhir
– 29/10/2014         Piala Liga              Liverpool             2 – 1        Swansea City
– 23/02/2014         Liga Premier       Liverpool             4 – 3        Swansea City
– 17/09/2013         Liga Premier       Swansea City     2 – 2        Liverpool

Sumber: Whoscored/Soccerway. (hkt/JIBI)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya