SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ilustrasi. dokJIBI/SOLOPOS/Reuters

LONDON—Manchester United mengawali jadwal gila-gilaan Liga Premier setelah Natal dengan menjamu Newcastle United di Old Trafford, Rabu (26/12) malam WIB.

Promosi Isra Mikraj, Mukjizat Nabi yang Tak Dipercayai Kaum Empiris Sekuler

Klub-klub Inggris praktis hanya memiliki persiapan super singkat sebelum melakoni duel Liga Premier yang digelar saat boxing day alias sehari setelah perayaan Natal. Tak terkecuali bagi United yang masih kecewa sejak ditahan imbang 1-1 Swansea City, Minggu (23/12).

Kebugaran Robin van Persie cs belum sepenuhnya pulih selepas bermain kontra Swansea. Untuk itu pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson, harus cermat melakukan rotasi pemain mengingat timnya masih perlu tenaga menjalani dua laga Liga Premier plus satu pertandingan FA Cup dalam kurun waktu sekitar sepekan berikutnya.

Sungguh beruntung, bersamaan dengan kebutuhan merotasi pemain, bos United berusia 70 tahun tersebut mendapati para pemain kunci yang cedera berkepanjangan mulai bugar. Sebut saja, kapten Nemanja Vidic yang absen sejak September dan Jonny Evans. Sayangnya, ia tak bisa memasang Anderson yang cedera hamstring.

“Kami saat ini punya tiga pertandingan dalam sembilan hari ke depan. Tentu saja kembalinya beberapa pemain yang cedera sangat penting untuk masa-masa ini,” jelas Vidic, dilansir Reuters, Selasa (25/12) WIB.

Soal merotasi pemain, Ferguson membuktikan ucapannya. Dia membuat keseimbangan tim dengan cara memasang kombinasi lima bek berbeda selama 26 kali sepanjang tahun 2012. Hasilnya gawang United dirobek tim-tim lawan hingga 25 gol dari 18 laga di musim ini, jauh lebih banyak dibandingan dua pesaingnya, Manchester City yang kebobolan 15 gol dan Chelsea dengan 17 gol.

Akan tetapi, Setan Merah, julukan United, bisa mengimbangi kondisi itu dengan mempertajam barisan serang. Wayne Rooney dkk tampil produktif menggelontorkan total 34 gol dalam 18 laga musim ini, pencapaian yang sama pada pekan ke-18 musim 1992/1993.

“Tentu saja. Tidak perlu diragukan lagi. Tidak mungkin memasang tim yang sama dalam beberapa laga. Akan ada pergantian di masing-masing pertandingan itu,” tukas Ferguson kepada MUTV.

United memiliki catatan bagus di boxing day. Selama 20 musim sejak format Liga Premier digulirkan pada 1992, United mampu memenangi 17 dari 20 pertandingan yang digelar sehari setelah Natal. Keangkeran Old Trafford bagi The Magpies, julukan Newcastle, sekaligus bisa melicinkan jalan bagi tim pemuncak klasemen sementara Liga Premier ini untuk mendapatkan poin penuh guna memperlebar jarak dengan rival terdekatanya, City.

Ya, The Magpies tidak pernah menang di Old Trafford sejak 1972. Namun sejarah pahit itu tidak serta-merta meruntuhkan semangat anak asuh pelatih Alan Pardew untuk memetik poin di Old Trafford. Sebab kemenangan di Old Trafford jelas akan menjadi kado teristimewa bagi Demba Ba dkk yang kini berada di peringkat ke-14 klasemen sementara.

“Ini bakal menjadi pertandingan yang berlangsung sangat profesional. Terkadang di boxing day Anda bisa kalah, namun saya pikir tidak kali ini,” tandas Pardew, dilansir mirror.co.uk.

Prakiraan Starting XI

Manchester United (4-4-1-1): De Gea; Jones, Evans, Vidic, Evra; Valencia, Carrick, Fletcher, Young; Rooney; Van Persie.

Newcastle (4-3-3): Krul; Simpson, Williamson, Coloccini, Santon; Anita, Perch, Marveaux; Cissé, Ba, Gutierrez.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya