SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harian Jogja.com, JAKARTA—Ajang adu cepat MotoGP di Amerika Serikat bakal digelar Minggu (21/7/2013). Ada fakta menarik, terutama terkait ketangguhan para pembalap Honda serta para pembalap tuan rumah yang lama tak berprestasi. Berikut data dan fakta MotoGP AS, seperti dikutip dari situs MotoGP.com, Jumat (19/7/2013)

Di enam seri MotoGP terakhir yang digelar di Sirkuit Laguna Seca, Indianapolis dan Austin, pembalap Honda selalu berjaya. Kejayaan Honda hanya bisa diselingi pembalap Yamaha, Jorge Lorenzo yang meraih podium tertinggi di Laguna Seca, 2010 silam.

Promosi Kisah Pangeran Samudra di Balik Tipu-Tipu Ritual Seks Gunung Kemukus

Pembalap asal Amerika Serikat, Ben Spies, menjadi pembalap AS terakhir yang mampu meraih podium di ajang MotoGP 2011 di Belanda.

Balapan di Laguna Seca akhir pekan menjadi balapan ke-23 MotoGP di Amerika Serikat. Event balap motor grand prix ini digelar pertama tahun 1964 dan 1965.

Kemenangan Marc Marquez di MotoGP Jerman pekan lalu merupakan kemenangan ke-28 yang diraih pebalap Honda itu di sepanjang kariernya. Dengan jumlah tersebut Marquez hanya kurang satu kemenangan lagi untuk bisa menyamai catatan milik Loris Capirossi.

Marc Marquez empat musim berturut-turut meraih kemenangan di Jerman. Sebelum melakukannya di kelas MotoGP, dia juga jadi juara di sana saat masih berlaga di kelas Moto2 (2011 dan 2012) serta saat masih di kelas 125 cc (2010).

Dalam empat tahun terakhir Jorge Lorenzo selalu meraih pole position. Namun dalam kurun tersebut dia cuma sekali jadi kampiun.

Jika bisa meraih pole di akhir pekan ini, maka Lorenzo akan menyamai rekor Casey Stoner sebagai pebalap terbanyak yang meraih pole secara beruntun di satu sirkuit. Sebelum pensiun, Stoner tercatat lima kali meraih pole di MotoGP Australia.

Menyusul kecelakaan yang dialami Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo di Jerman, kini tinggal ada dua pebalap yang secara konsisten terus meraih poin sejak seri pertama. Mereka adalah Andrea Dovizioso dan Aleix Espargaro.

Satu-satunya pebalap Honda yang bisa start dari posisi terdepan adalah Nicky Hayden yakni pada 2005.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya