SOLOPOS.COM - Pembalap MotoGP Yamaha, Valentino Rossi, saat melintasi Sirkuit Losail, Qatar, Jumat (5/4/2013) waktu setempat, dalam sesi latihan bebas. JIBI/SOLOPOS/Reuters

Pembalap MotoGP Yamaha, Valentino Rossi, saat melintasi Sirkuit Losail, Qatar, Jumat (5/4/2013) waktu setempat, dalam sesi latihan bebas. JIBI/SOLOPOS/Reuters

SOLO – Juara dunia tujuh kali, Valentino Rossi, memuji performa pembalap debutan Repsol Honda, Marc Marquez, dalam sesi latihan bebas kedua dan ketiga MotoGP Qatar.

Promosi Mabes Polri Mengusut Mafia Bola, Serius atau Obor Blarak

Dalam sesi latihan bebas di Sirkuit Losail, Jumat (5/4/2013) waktu setempat itu, Marquez mampu tampil sebagai yang tercepat secara beruntun.

Performa Marquez yang konsisten itu, menurut Rossi sebagai bukti bahwa rookie asal Spanyol itu dipersiapkan secara serius untuk menjadi ancaman bagi Yamaha mempertahankan gelar juara musim ini.

Dalam dua sesi latihan bebas terakhir, Marquez memang tampil sebagai yang tercepat. Juara dunia Moto2 musim lalu itu tampil sebagai yang tercepat dengan catatan waktu satu menit 56,477 detik di latihan kedua dan satu menit 56,084 detik pada latihan ketiga.

Catatan waktu Marquez ini lebih cepat dibanding juara dunia musim lalu, pembalap Yamaha, Jorge Lorenzo, yang harus puas di urutan kedua. Bahkan catatan Marquez juga lebih cepat dibanding rekan setimnya, Dani Pedrosa, yang kesulitan menembus posisi lima besar dalam sesi latihan bebas.

Rossi menilai Marquez diuntungkan dari permasalahan pada Yamaha di latihan kedua. Meski demikian, kecepatan yang ditunjukkan Marquez sangatlah nyata.

“Pada sesi latihan kedua itu [hasil Marquez] adalah hadiah dariku karena dia datang dari belakang,” tutur Rossi.

“Namun seperti yang saya katakana sebelumnya, dia sangat kuat. Honda tampak memiliki masalah kemarin dan hari ini, namun dia masih berada di depan. Itu berarti dia sangat, sangat kencang,” imbuh pembalap Yamaha itu.

Rossi, yang musim ini akan berduet dengan Lorenzo, hanya mampu menempati urutan ketiga dalam dua sesi latihan dan urutan keempat pada sesi latihan lainnya. Namun, ia yakin bakal meraih posisi di garis depan dalam babak kualifikasi yang bakal digelar Sabtu (6/4/2013) waktu setempat. Menurutnya, mendapat start di garis depan akan sangat menentukan hasil lomba nanti.

“Target utama saya adalam mencoba untuk mengalawi balapan dari garis depan, namun saya tak tahu apakah itu mungkin karena Jorge [Lorenzo] sangat cepat, dia sangat tangguh selama satu putaran dan Honda juga sangat kuat.”

“Jika tak mampu mendapat start di garis depan, sangat penting untuk mendapatkan garis yang lebih dekat, karena saya memiliki ritme yang bagus. Jadi saya bisa melakukan balapan dengan baik, namun saya harus memulainya setidaknya dari lima posisi terdepan.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya