SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ilustrasi. dokJIBI/SOLOPOS/Reuters

MADRID–Publik Santiago Bernabeu bergemuruh menyambut duel el casico yang mempertemukan Real Madrid kontra Barcelona pada leg pertama babak semifinal Copa del Rey, Kamis (29/1) dini hari WIB. Sayangnya, kubu tuan rumah bakal turun sebagai tim inferior dibandingkan musuh bebuyutan mereka, gara-gara hilangnya sejumlah pemain kunci.

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

Pelatih Madrid, Jose Mourinho, dipastikan tidak bisa menurunkan kapten dan kiper, Iker Casillas dan Pepe yang cedera pada pertemuan dua klub paling fenomenal di Spanyol itu. Casillas diperkirakan absen selama tiga pekan setelah menjalani operasi pada tulang jempol tangan kiri. Sedangkan Pepe belum pulih dari operasi pergelangan kaki.

Gawatnya lagi, tim berjuluk Los Blancos tidak bisa diperkuat defender Sergio Ramos dan Fabio Coentrao, plus winger andalan mereka, Angel Di Maria. Coentrao dan Di Maria absen setelah mendapatkan kartu merah pada leg kedua babak perempat final kontra Valencia, pekan lalu. Sementara Ramos yang sebelumnya sudah menyelesaikan sanksi empat laga di berbagai kompetisi karena menghina wasit, juga absen untuk hukuman akumulasi kartu di pertandingan perempat final kontra Celta Vigo.

“Ini laga yang sangat penting, sebuah pertandingan berat,” jelas bintang Madrid, Cristiano Ronaldo, dilansir Reuters, Selasa (29/1) WIB.

“Kami akan bermain di kandang, yang artinya sebuah kesempatan bagus untuk meraih sukses. Kami akan kehilangan beberapa sejumlah pemain, pemain kunci, yang sangat penting bagi skuat ini, namun itu tidak akan menjadi sebuah alasan,” tegas pemain berjuluk CR7.

Perhatian Los Blancos sebenarnya tidak hanya tersita tentang absennya lima pilar mereka. Menjelang el clasico, bahtera klub yang dipimpin Florentino Perez juga sedang oleng karena masalah internal. Meski Perez telah menyanggah mati-matian keretakan internal Madrid, namun isu adanya desakan dari Casillas dan Ramos kepada presiden klub untuk mendepak Mourinho dari Bernabeu di akhir musim belum bisa menguap dengan mudah.

Walau begitu, skuat polesan Jose Mourinho sudah membuktikan masalah internal klub tak bisa membuat penampilan mereka goyah di lapangan. Los Blancos mampu menggempur Getafe empat gol tanpa balas di pertandingan terakhir mereka di La Liga, akhir pekan lalu. Ronaldo yang disaksikan anak semata wayangnya dari tribun penonton, mencetak hattrick. Sedangkan satu gol lainnya dibukukan Ramos.

Namun melawan Barcelona, Madrid tidak hanya butuh bermain bagus tetapi juga harus bermain sempurna. Absennya Santo Iker, julukan Casillas, jelas akan sangat membahayakan posisi Madrid. Gawang Los Blancos akan dipercayakan pada Antonio Adan atau Diego Lopez yang baru saja didatangkan dari Sevilla dan telah diuji pada sesi latihan tim.

Xabi Alonso dkk bisa juga mengandalkan hasil positif dari bentrok el casico sebelumnya di musim ini, yang menunjukkan kedua tim masih sama kuat. Di ajang Piala Super Spanyol, Madrid mengimbangi Barca dengan kemenangan agregat 4-4 dan keluar sebagai juara karena unggul dalam gol tandang. Sedangkan pertemuan pertama el clasico pada La Liga musim ini berakhir dengan skor 2-2 di Nou Camp, markas Barca.

Blugrana, julukan Barca, bakal tampil leluasa menurunkan tim berbaiknya di Bernabeu. Hanya Eric Abidal dan Jonathan Dos Santos yang tidak bisa membela Raksasa Catalan. Maka jangan heran, walaupun Barca kembali tidak akan diperkuat pelatih utamanya, Tito Vilanova yang menjalani perawatan lanjutan pada penyakit kankernya, Lionel Messi dkk sangat mungkin tampil kesetanan di hadapan pendukung Madrid.

“Kami akan menghadapi [el clasico] dalam bentuk bagus,” jelas asisten pelatih Barca, Jordi Roura, setelah timnya membantai Osasuna 5-1 di ajang La Liga, dilansir Marca.

Namun Barca tak mau jemawa. Roura tetap tidak menganggap timnya lebih difavoritkan dibandingkan musuh bebuyutannya tersebut pada el clasico edisi kelima musim ini.

“Kami tidak merasa kalau kami favorit. Ini pertandingan knock-out dan ada dua leg. Jelas tidak akan ada favorit,” tegas Roura.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya