SOLOPOS.COM - Pemain Timnas Basket Putra M Sandy Ibrahim Aziz saat menghadapi Logan Thunder QSL Team dalam lawatan pemusatan latihan dan uji tanding di Australia. (ANTARA/HO-Perbasi).

Solopos.com, JAKARTATimnas Basket Putra Indonesia berhasil menang pada laga uji tanding kedua saat melakukan pemusatan latihan di Australia. Namun, mereka masih harus memperkuat skema pertahanan atau defense.

Uji tanding itu sebagai persiapan menuju SEA Games 2023 Kamboja. Basket putra ditargerkan bisa mempertahankan medali emas yang diraih di SEA Games Hanoi.

Promosi Berteman dengan Merapi yang Tak Pernah Berhenti Bergemuruh

Andakara Prastawa dan kawan-kawan berhasil mengalahkan tim liga basket Australia NBL1 yaitu Logan Thunder QSL Team dengan skor 84-77 pada laga yang digelar di Logan Sports & Events Centre Kamis (6/4/2023).

Yudha Saputera menjadi penyumbang poin terbanyak Timnas Elit Putra dengan 19 poin, tiga rebound, dan lima assist. Sedangkan Yesasa Saudale mencetak 14 poin, empat rebound, dan dua assist.

Asisten Pelatih Timnas Elit Putra Johannis Winar menjelaskan pada laga kedua tur Australia tetap menurunkan komposisi pemain yang sama seperti laga pertama, yakni 13 pemain lokal minus Anthony Beane Jr dan Lester Prosper.

“Game hari ini 13 pemain dimainkan. Bicara tim, untuk defense hari ini komunikasi kurang bagus dan banyak bikin foul yang tidak perlu,” kata pelatih yang akrab disapa Ahang ini dalam keterangan tertulis dikutip dari Antara, Jumat (7/4/2023).

Meski mampu memproduksi kemenangan, Johannis Winar mengatakan para pemain masih membuat kesalahan yang tidak perlu dan harus bisa melakukan komunikasi yang lebih efektif dan efisien, terutama ketika pola bertahan.

Menurutnya, pertahanan Timnas Basket Indonesia masih menjadi pekerjaan rumah (PR) tim pelatih.

Pada sisi lain, coach Ahang menilai ada perkembangan apik dari sisi penyerangan. Dia menyebut cara membangun penyerangan sudah lebih rapi.

“Dari segi offense, ball movement sudah lebih baik,” jelasnya.

Timnas Elit Putra melakukan tur Australia pada 4-24 April sebagai bagian dari persiapan SEA Games 2023 Kamboja. Targetnya bisa mempertahankan medali emas yang diraih di SEA Games Hanoi.

Selama di Australia, Timnas Basket akan menjalani sembilan laga uji coba. Sejauh ini, timnas basket telah menjajal kekuatan dua tim NBL1 yaitu South West Metro Pirates dan Logan Thunder QSL Team. Selanjutnya, timnas akan menantang Red City Roar pada 10 April di Logan Sports & Events Centre.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya