SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, ROMA – Liga Seri A Italia musim 2013-2014 bakal bergulir sesaat lagi. Laga pembuka kompetisi terbesar di Negeri Piza itu akan diawali dengan duel antara tim promosi Hellas Verona kontra AC Milan di Stadion Marc’Antonio Bentegodi, Sabtu (24/8/2013) tengah malam WIB.

Beberapa tahun ini gemerlap Seri A mulai menurun. Krisis finansial yang melanda Italia turut berimbas kepada kompetisi sepak bola di negeri itu.

Promosi Vonis Bebas Haris-Fatia di Tengah Kebebasan Sipil dan Budaya Politik yang Buruk

Kondisi krisis ini membuat tim-tim Italia menggandalkan talenta-talenta muda. Dan saat ini mulai banyak gelandang-gelandang muda bertebaran di Seri A.

Lalu siapakah gelandang muda yang bakal bersinar di Seri A musim ini. Berikut lima gelandang muda yang patut diperhitungkan, dilansir Bleacher Report.

Riccardo Saponara/Reuters

Riccardo Saponara/Reuters

Riccardo Saponara
Usia : 21 tahun
Klub : AC Milan

Mario Balotelli merupakan akuisisi terbesar yang dibuat AC Milan selama bursa transfer Januari lalu. Tapi Rossoneri, julukan AC Milan, sebenarnya telah dianggap membuat pembelian yang tak kalah penting dengan mendapatkan Ricardo Saponara.

Gelandang Timnas Italia U-23 ini merupakan jebolan akademi Raveni. Ia bergabung bersama tim Seri B, Empoli pada 2010. Setelah dua tahun menjadi winger, Manajer Empoli, Maurizio Sarri, mengubah posisi Saponara ke tengah sebagai trequartista tahun ini.

Posisi baru ini ternyata diadopsi apik Saponara dengan mencetak 13 gol dalam 40 laga dari lini tengah, musim lalu. Dia membawa Empoli finish di urutan empat, tapi gagal mengantar promosi ke Seri A setelah Empoli takluk 2-1 dari Livorno di babak play off.

Saponara mendapatkan jersey nomor 8 di Milan. Dia berpotensi terus dimainkan hingga Milan kedatangan Keisuke Honda. Dengan keberadaan Saponara, tak heran jika Football Italia memasang formasi 4-3-1-2 untuk Milan musim ini.

Radja Nainggolan

Radja Nainggolan/Reuters

Radja Nainggolan
Usia : 25
Klub : Cagliari
Penampilan : 117 caps 5 gol

Pemain Belgia keturunan Indonesia ini menjadi salah satu subyek spekulasi dalam bursa transfer dalam beberapa tahun belakangan. Namun, dengan fakta dirinya masih tetap berada di Cagliari, jelas menjadi sebuah kejutan.

Menurut Daily Mail, klub Liga Premier Inggris, Southampton sempat membuat penawaran untuk gelandang berdarah Batak ini. Namun, Nainggolan menolak tawaran The Saints, julukan Southampton, dan lebih memilih bertahan di Cagliari.

Selain Southampton, dikutip Goal.com, Inter Milan dan AS Roma juga sempat meminati Nainggolan.

Nainggolan merupakan maestro lini tengah di Cagliari. Dan jika dia terus bertahan, klub asal Sardinia ini akan menjadi kekuatan yang menakutkan, dengan tambahan dua penyerang muda yang potensial, yakni Víctor Ibarbo dan Marco Sau. Ibarbo dan Sau akan dimanjakan dengan suplai-suplai bola dari Nainggolan dari lini tengah.

Giacomo Bonaventura/Reuters

Giacomo Bonaventura/Reuters

Giacomo Bonaventura
Usia : 23 tahun
Klub : Atalanta
Penampilan : 104 caps 17 gol (gabungan Seri A dan Seri B)

Giacomo Bonaventura merupakan gelandang serang dan winger yang bakal segera naik daun.
Ia melakukan debutnya di Seri A pada 2008 lalu, saat masih berusia 18 tahun. Dia membuat penampilan lain pada musim berikutnya sebelum dipinjamkan ke Pergocrema dan Calcio Padova.

Setelah Atalanta terdegradasi ke Seri B musim 2009-2010, Bonaventura mendapatkan tempat utama dan mencetak sembilan gol dalam 31 penampilannya. Atalanta pun merebut gelar Seri B dan kembali ke kasta tertinggi setelah drop selama semusim.

Setelah kembali ke Seri A, Bonaventura tetap tampil impresif. Dalam 35 laga, Bonaventura sukses menyarangkan tujuh gol dan banyak memberikan suplai potensial bagi duo striker Atalanta, German Denis dan Guido Marilungo.

Penampilannya yang mengkilap pun membuat Cesare Prandelli, pelatih Timnas Italia, mulai meliriknya. Ia turut masuk dalam skuat Timnas Italia yang tampil pada laga persahabatan melawan San Marino, Mei lalu.



Alessandro Florenzi/Reuters

Alessandro Florenzi/Reuters

Alessandro Florenzi
Usia : 22 tahun
Klub : AS Roma
Penampilan : 39 cap, 3 gol

AS Roma memiliki sejarah panjang dalam menemukan dan mengembangkan pemain muda. Francesco Totti, Alberto Aquilani dan Daniele De Rossi merupakan contoh talenta lokal yang berhasil ditemukan Roma.

Alessandro Florenzi adalah nama selanjutnya yang ditemukan Roma. Gelandang sentral ini dianggap merupakan duplikat Daniele De Rossi. Ia memiliki kreatifitas dan daya jelajah yang baik.

Ia bukan tipikal pemain yang memiliki talking keras seperti De Rossi. Namun, dalam segi interceptions atau mengadang bola, Florenzi lebih baik dibanding wakil kapten Roma itu.

Hal itu ditunjukkan Florenzi saat membela Timnas Italia di Euro U-21, beberapa waktu lalu. Penampilannya yang apik membuat Italia melaju ke babak final.

 

Paul Pogba (reuters)

Paul Pogba (reuters)

Paul Pogba
Usia : 20 tahun
Klub : Juventus
Penampilan : 27 cap, 5 goals

Akuisisi Paul Pogba dari Manchester United mulai membuahkan hasil saat Udinese bertandang ke Juventus Stadium, 19 Januari 2013. Saat itu, Pogba menunjukkan dirinya sebagai bintang masa depan dengan mencetak dua gol.

Namun, kecemerlangan Pogba tak berhenti di situ. Pemain muda Prancis ini tampil dalam tingkat sangat tinggi pada akhir muim lalu. Hal ini membuat pelatih Antonio Conte pun memindah posisi Claudio Marchisio ke posisi trequartista dari formasi 3-5-1-1, untuk memberikan tempat bagi Pogba di starting XI.

Dengan banyaknya bala bantuan di lini depan Juventus musim ini, Pogba nampaknya bakal banyak diandalkan sebagai supersub. Ia kemungkinan dimainkan sebagai starter saat gelandag Claudio Marchisio, Arturo Vidal maupun Andrea Pirlo membutuhkan istirahat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya