SOLOPOS.COM - Pemain Arab Saudi berlaga di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. (www.saff.com.sa)

Solopos.com, HONG KONG—Jepang memastikan berlaga di Piala Dunia untuk kali ketujuh beruntun setelah gol ganda Kaoru Mitoma mengalahkan tuan rumah Australia 2-0 pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia di Sydney, Kamis (24/3/2022). Kemenangan Jepang itu sekaligus memastikan Arab Saudi meraih tiket Piala Dunia 2022 di Qatar.

Dilansir dari Reuters, Mitoma masuk menggantikan Takumi Minamino pada menit ke-84  dan dengan cepat mencetak brace lima menit kemudian dan empat menit pada injury time. Hasil ini membuat Samurai Biru mantap di puncak klasemen Grup B dengan 21 poin.

Promosi Santri Tewas Bukan Sepele, Negara Belum Hadir di Pesantren

Arab Saudi yang pada laga Kamis malam waktu setempat bermain imbang 1-1 versus China di Sharjah Stadium, berada di posisi kedua dengan 20 poin.  Australia yang baru mengoleksi 15 poin berada di posisi ketiga dan masih memiliki kesempatan ke Piala Dunia 2022 lewat playoff melawan peringkat ketiga Grup A.

Baca Juga: Hajar Australia, Jepang Buktikan Langganan ke Putaran Final Piala Dunia

Posisi ini akan diperbutkan oleh Uni Emirat Arab, Irak, dan Lebanon. Pemenang laga ini akan bertemu dengan posisi kelima klasemen Zona Amerika Selatan.

Arab Saudi unggul lebih dulu atas China pada pengujung babak pertama melalui Saleh Al Shehri. Namun keunggulan itu berhasil disamakan China pada menit ke-82 lewat penalti Zhu Chenjie.

Pada laga Grup A di Seoul, Son Heung-min dan Kim Young-Gwon membawa Korea Selatan mengatasi Iran 2-0. Laga ini sudah tidak berpengaruh karena kedua negara telah memastikan lolos ke putaran final Piala Dunia 2022.

Baca Juga: Ketat! Begini Persaingan Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia

Korsel berada di puncak klasemen Grup A dengan 23 poin, unggul satu poin dari Iran di posisi kedua. Posisi ketiga ditempati Uni Emirat Arab (9 poin) yang dikalahkan Irak 0-1 di King Fahd International Stadium Riyadh.  Hussein Ali mencetak gol tunggal untuk membawa Irak di posisi keempat, satu poin di belakang Uni Emirat Arab.

Pada pertandingan lainnya, Lebanon gagal memaksimalkan kesempatan ke posisi ketiga karena dikalahkan Syiria 0-3 di Sidon. Gol di babak pertama Alaa Al Dali, Mardik Mardikian dan Mohammad Al Marmour itu merupakan kemenangan pertama Syiria di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya