SOLOPOS.COM - Gelandang Australia, Mark Bresciano (belakang) berduel dengan penyerang Jepang, Keisuke Honda, pada babak kualifikasi Piala Dunia Zona Asia Grup B di Stadion Saitama, Selasa (4/6/2013) petang WIB. Jepang memastikan lolos ke putaran final Piala Dunia 2014 setelah dalam laga ini bermain 1-1 dengan Australia. JIBI/SOLOPOS/Reuters

Gelandang Australia, Mark Bresciano (belakang) berduel dengan penyerang Jepang, Keisuke Honda, pada babak kualifikasi Piala Dunia Zona Asia Grup B di Stadion Saitama, Selasa (4/6/2013) petang WIB. Jepang memastikan lolos ke putaran final Piala Dunia 2014 setelah dalam laga ini bermain 1-1 dengan Australia. JIBI/SOLOPOS/Reuters

SAITAMA—Jepang memastikan diri sebagai tim pertama yang lolos ke putaran final Piala Dunia 2014 di Brazil. Kepastian ini diraih Jepang setelah menahan imbang tamunya, Australia, 1-1, pada lanjutan kualifikasi Piala Dunia Zona Asia Grup B di Stadion Saitama, Jepang, Selasa (4/6/2013) petang WIB.

Jepang semula sempat tertinggal lebih dulu lewat gol Thomas Oar. Namun, Keisuke Honda mampu menyelamatkan muka tuan rumah melalui tendangan penaltinya di masa injury time.

Hasil seri sudah cukup meloloskan Jepang ke Brazil 2014. Jepang saat ini bertengger di posisi puncak dengan koleksi 14 poin, hasil dari lima kali menang, sekali seri dan sekali kalah. Sementara, Australia berada di urutan kedua dengan torehan tujuh poin, sama dengan milik Yordania, namun lebih unggul agregat gol.

Bermain di kandang sendiri Jepang yang diperkuat beberapa pemain pilarnya yang merumput di liga besar Eropa sudah  menekan sejak awal pertandingan. Tim asuhan Alberto Zacheroni ini mengepung pertahanan the Socceroos, julukan Australia.

Keisuke Honda dan Shinji Kagawa secara bergantian mencoba menerobos pertahanan Australia yang dikomandoi kiper kawakan Mark Schwarzer. Di babak pertama pertandingan yang berjalan cepat hanya berkesudahan nihil gol.

Di babak kedua, Jepang yang memburu kemenangan untuk memastikan langkahnya ke putaran final piala dunia beberapa kali kecolongan di barisan pertahanannya. Sepakan Tim Cahil hampir saja membobol gawang Jepang jika tendangannya yang memanfaatkan umpan silang tidak di blok bek Jepang.

Tampil bertahan, Australia malah mampu unggul lebih dulu melalui skema serangan balik. Bermaksud memberikan umpan silang, tembakan Thomas Oar malah meluncul mulus ke gawang yang dikawal kiper kawakan Kawashima di menit ke-82.

Tak mau malu di kandang sendiri, Jepang akhirnya mendapatkan hadiah tendangan penalty setelah bek Australia, Matt McKay handsball di kotak terlarang. Honda yang menjadi ALgojo mampu mengkoversikan tendangannya menjadi gol yang menyelamatkan muka Jepang di injury time babak kedua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya