SOLOPOS.COM - Pemain bintang Barcelona, Lionel Messi, (kanan) mencoba mencetak gol ke gawang Santos di Joan Gamper Trophy di Nou Camp, Sabtu (3/8) dini hari WIB. JIBI/SOLOPOS/REUTERS/Gustau Nacarino

Pemain bintang Barcelona, Lionel Messi, (kanan) mencoba mencetak gol ke gawang Santos di Joan Gamper Trophy di Nou Camp, Sabtu (3/8) dini hari WIB. JIBI/SOLOPOS/REUTERS/Gustau Nacarino

Pemain bintang Barcelona, Lionel Messi, (kanan) mencoba mencetak gol ke gawang Santos di Joan Gamper Trophy di Nou Camp, Sabtu (3/8) dini hari WIB.
JIBI/SOLOPOS/REUTERS/Gustau Nacarino

Solopos.com, BARCELONA – Barcelona memenangi Joan Gamper Trophy edisi ke-48 dengan penuh gaya.

Promosi Meniti Jalan Terakhir menuju Paris

Pasukan Catalan tampil perkasa dengan menggelontorkan delapan gol tanpa balas ke gawang Santos di Nou Camp, Sabtu (3/8) dini hari WIB.

Donasi gol dari Lionel Messi, sebuah gol bunuh diri Leo, Alexis Sanchez dan Pedro membawa Barcelona memegang kendali pertandingan di paruh pertama laga. Dominasi Barca berlanjut di separuh pertandingan sisa dengan mengemas tambahan empat gol, masing-masing dua gol dari Cesc Fabregas dan satu gol dari Adriano serta Jean-Marie Dongou.

Skor 8-0 di laga ini menjadi kemenangan dengan marjin terbesar dalam sejarah turnamen ini. Dalam laga ini pelatih Gerardo Martino menyambut para pemain bintang Barcelona kembali dari liburan mereka setelah tampil di Piala Konfederasi 2013. Martino menurunkan starting XI terbaiknya.

Sementara pemain rekrutan terbesar mereka di musim panas ini, Neymar, yang merupakan ikon Santos diturunkan dari bangku cadangan. Dia tampil impresif dalam debutnya bersama Barcelona namun gagal mengemas gol ke gawang mantan klubnya.

Meski tidak mencatatkan namanya di papan skor, Neymar yang menyelesaikan kepindahannya ke Barcelona di akhir Mei lalu menciptakan assist yang diselesaikan Fabregas dengan berbuah gol keduanya bagi Barcelona.

Barcelona mendominasi sejak peluit panjang pertama dibunyikan. Pasukan berjuluk Blaugrana hanya butuh sembilan menit untuk mencetak nama Messi di papan skor. Messi memanfaatkan umpan terobosan Pedro sebelum kemudian mengecoh pemain Santos, Aranha, lalu menceploskan gol tanpa kawalan.

Tak berselang lama, Barcelona menggandakan keunggulan saat bek 38 tahun, Leo, melakukan gol bunuh diri. Sanchez yang menikmati permainan bagus dalam pramusim sejauh ini membuat kedudukan menjadi 3-0 saat mencetak gol di menit ke-22.

Barcelona dengan permainan tiki-taka mereka kembali melanjutkan dominasi. Menjelang setengah jam pertandingan giliran Pedro menyumbang gol keempat bagi Barcelona. Santos jarang mengancam gawang dan hanya mencatat satu tembakan berbahaya di paruh pertama dari bek kanan Rafael Galardo.

Di babak kedua Barcelona melakukan delapan pergantian pemain. Namun pergantian pemain itu tak aliran meredam serangan mereka. Fabregas memberi gol kelima di menit ke-53 sebelum 15 menit kemudian mencetak gol keenam bagi Barcelona.

Pasukan Blaugrana kembali menambah gol di menit ke-75 melalui gol Adriano. Saat pertandingan tersisa tujuh menit, striker 18 tahun Jean Marie Dongou mencetak gol kedelapan atau gol penutup bagi Barcelona.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya