SOLOPOS.COM - Lifter Indonesia Rahmat Erwin Abdullah mengangkat beban pada pertandingan angkat besi 73 kg putra Asian Games 2023 di Xiaoshan Sports Centre Gymnasium, Hangzhou, Selasa (3/10/2023). (ANTARA/RAUF ADIPATI).

Solopos.com, HANGZHOU–Lifter Indonesia Rahmat Erwin Abdullah meraih medali emas angkat besi nomor 73 kg putra Asian Games Hangzhou 2023 setelah mencatatkan total akumulasi angkatan 359 kg, Selasa (3/10/2023).

Pada pertandingan di Xiaoshan Sports Centre Gymnasium, Hangzhou itu Rahmat mencatatkan angkatan terbaik untuk snatch seberat 158 kg, dan angkatan terbaik clean and jerk seberat 201 kilogram.

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

Medali perak jatuh kepada Wichuma Weeraphon asal Thailand dengan total angkatan terbaik 351 kg, sedangkan medali perunggu menjadi milik Kumthaek Oh asal Korea Utara dengan total angkatan terbaik 334  kg.

Angkatan clean and jerk Rahmat seberat 201 kg juga memecahkan rekor Asian Games.

Ini merupakan medali pertama cabang olahraga angkat besi pada Asian Games 2023 setelah sebelumnya lifter-lifter lain gagal bersaing untuk memenangi medali.

Rahmat sukses saat melakukan ketiga percobaan angkatan snatch-nya dengan catatan 152 kilogram, 156 kilogram, dan 158 kilogram. Ia baru mendapat giliran mengangkat clean and jerk di fase akhir, karena berat awal yang ditetapkannya jauh di atas sebagian besar pesaingnya.

Sedangkan saat melakukan tiga percobaan clean and jerk, Rahmat mampu mengangkat beban seberat 192 kilogram, 196 kilogram pada angkatan kedua, dan 201 kilogram pada angkatan ketiga.

Medali emas dari angkat besi ini merupakan emas kelima Indonesia. Empat medali emas Indonesia lainnya diraih dari balap sepeda, tembak, dan wushu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya