SOLOPOS.COM - Ganda putri Indonesia Jesita Putri Miantoro/Febi Setianingrum menjuarai Indonesia International Challenge 2023 setelah mengalahkan pasangan Velisha Christina/Bernadine Anindya Wardana dalam laga All Indonesia Final di Medan, Sumatera Utara, Minggu. (ANTARA/HO-PP PBSI).

Solopos.com, SOLO–Wakil Indonesia memborong empat gelar juara kejuaraan bulu tangkis Xpora Indonesia International Challenge 2023 setelah menumbangkan lawan-lawan mereka di partai final di GOR Pancing, Medan, Sumatra Utara, Minggu (3/9/2023).

Wakil Indonesia yang menyabet gelar juara meliputi ganda putri Jesita Putri Miantoro/Febi Setianingrum, tungga putra Alwi Farhan, tunggal putri Ester Nurumi Tri Wardoyo, ganda putra Berry Angriawan/Agung Saputro.

Promosi Komeng Tak Perlu Koming, 5,3 Juta Suara sudah di Tangan

Sementara satu wakil Indonesia lainnya, Marwan Faza/Jessica Maya Rismawardi menjadi runner up lantaran kalah di babak final.

Ganda putri Jesita Putri Miantoro/Febi Setianingrum juara setelah mengalahkan sesama pasangan Indonesia Velisha Christina/Bernadine Anindya Wardana.

Pasangan peringkat ke-63 dunia itu menang dengan skor 21-17, 21-11 atas Velisha/Bernadine. “Pada laga ini kami sempat tertinggal di awal laga. Kami mencoba fokus dan juga mengubah gaya bermain untuk akhirnya bisa meraih kemenangan dan juara di turnamen ini,” ungkap Jesita dikutip dari Antara.

Jawara Iran Fajr International Challenge 2023 itu mengaku sempat kesulitan pada gim pertama saat lawan tampil menekan. Beruntung pasangan unggulan kedua itu bisa fokus dan akhirnya meraih kemenangan dalam tempo 37 menit.

“Adaptasi kami dengan pertandingan di laga ini berjalan dengan baik. Saya menilai lawan bermain terburu-buru saat kami mengubah pola sehingga kami bisa mengunci kemenangan dua gim langsung,” papar Febi.

Dengan hasil tersebut, pasangan Jesita Putri Miantoro/Febi Setianingrum mengoleksi gelar juara untuk kedua kalinya pada ajang International Challenge di tahun ini.

Sebelum berjaya di Indonesia International Challenge 2023, Jesita/Febi meraih gelar juara pada turnamen Iran Fajr International Challenge 2023.

Sementara itu, tunggal putra Alwi Farhan menjadi juara seusai menang dua gim langsung pada babak final dengan skor 21-15, 21-10 atas wakil Sri Lanka, Viren Nettasinghe, dengan tempo 32 menit.

“Pada pertandingan hari ini saya melihat lawan tertekan dan saya bisa mengambil kendali permainan untuk bisa unggul di gim pertama dan meraih kemenangan pada laga ini,” kata Alwi.

Pada sektor tunggal putri, Ester Nurumi Tri Wardoyo sukses mempertahankan gelar juara. Keberhasilan tunggal putri Indonesia peringkat 68 dunia itu mempertahankan gelar dicapai setelah menang dengan skor 21-13, 21-16 atas sesama wakil Indonesia Gabriela Meilani Moningka pada babak final.

“Pada laga hari ini saya mencoba untuk memegang kontrol permainan. Terlihat strategi tersebut sehingga lawan bermain tertekan,” kata Ester.

Namun, runner up Bahrain International Challenge 2022 itu tak mengelak bahwa dirinya sempat kesulitan pada gim kedua, mengingat rival sekaligus rekan satu negaranya itu mulai keluar menyerang untuk bisa memaksa gim ketiga.

“Saya sempat kesulitan di gim kedua, di tengah pertandingan saya fokus satu demi poin untuk bisa meraih gelar juara,” ujar adik pebulu tangkis tunggal putra utama Chico Aura Dwi Wardoyo itu.

Pada sisi lain, pasangan ganda putra Indonesia Berry Angriawan/Rian Agung Saputro menjadi juara seusai mengalahkan pasangan satu negara, Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfani lewat pertarungan rubber game 19-21, 21-19, dan 21-17.

“Bersyukur bisa menjadi juara di turnamen Xpora Indonesia International Challenge 2023. Jujur persiapan kami tidak maksimal dan hasil ini terbilang mengejutkan buat kami,” kata Berry, dikutip dari keterangan resmi PBSI.

Sementara, pasangan ganda campuran Indonesia Marwan Faza/Jessica Maya Rismawardi membawa pulang gelar runner up Xpora Indonesia International Challenge 2023 setelah kalah atas wakil Thailand, Weeraphat Phakjarung/Ornnicha Jongsathapornparn dengan skor 17-21, 21-12, 9-21.

Pasangan rangking 169 dunia itu mengaku tidak bisa keluar dari tekanan pasangan asal Negeri Gajah Putih tersebut.

“Pada laga ini kami tidak bisa keluar dari tekanan. Lawan terlihat tampil menekan dan kami tidak bisa mengimbangi gaya bermain mereka,” ungkap Marwan.

Meski demikian, Marwan/Jessica tetap merasa bersyukur bisa mencapai final turnamen Xpora Indonesia International Challenge 2023, mengingat lawan-lawan yang dihadapi tidak mudah.

Berikut hasil lengkap final Xpora Indonesia International Challenge 2023:

Tunggal Putra

  • Alwi Farhan (Indonesia/7) vs Viren Nettasinghe (Sri Lanka/6) 21-15, 21-10

Tunggal Putri

  • Ester Nurumi Tri Wardoyo (Indonesia/3) vs Gabriela Meilani Moningka (Indonesia) 21-13, 21-16

Ganda Putra

  • Berry Angriawan/Rian Agung Saputro (Indonesia) vs Sabar Karyaman Gutama/Moh. Reza Pahlevi Isfahani (Indonesia/1) 19-21, 21-19, 21-17

Ganda Putri

  • Jesita Putri Miantoro/Febi Setianingrum (Indonesia/2) vs Velisha Christina/Bernadine Anindya Wardana (Indonesia) 21-17, 21-11

Ganda Campuran

  • Weeraphat Phakjarung/Ornnicha Jongsathapornparn (Thailand) vs Marwan Faza/Jessica Maya Rismawardani (Indonesia) 21-17, 12-21, 21-9.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya