SOLOPOS.COM - Fajar/Rian saat bertarung di babak 32 besar Hong Kong Open 2023, Selasa (12/9/2023). (Istimewa/Tim Humas dan Media PP PBSI)

Solopos.com, JAKARTA — Ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto membidik gelar juara pada turnamen BWF Super 1000 Indonesia Open untuk pertama kalinya, yang akan diadakan di Istora Senayan, 4-9 Juni 2024.

“Pastinya Indonesia Open ini turnamen bergengsi, turnamen Super 1000 juga. Apalagi, kami belum pernah juara Indonesia Open. Ini menjadi target kami juga, di mana poin Indonesia Open ini sangat pengaruh buat seeding Olimpiade,” kata Fajar, dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (2/4/2024).

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Sependapat, Rian mengatakan ingin menjaga konsistensi dan kondisi fisik setelah penampilan gemilang serta membawa pulang gelar juara dari turnamen Super 1000 lainnya, All England Open 2024.

Ganda putra peringkat tujuh dunia itu mengatakan fokus mereka selain menjaga performa juga memilah turnamen-turnamen penting lainnya seperti Kejuaraan Bulu Tangkis Asia (BAC) dan Piala Thomas, yang juga diadakan sebelum Olimpiade 2024 Paris.

“Indonesia Open ini adalah target kita sebelum bertanding di Olimpiade. Kita pasti berusaha maksimal untuk mempersiapkan diri lebih baik, menjaga kondisi fisik kita agar bisa tampil lebih baik dan mencapai puncaknya di Olimpiade,” ujar Rian seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Target mereka di Indonesia Open 2024 pun akan memengaruhi seeding (unggulan) di Olimpiade musim panas mendatang.

Saat ini, Fajar/Rian berada di peringkat tujuh, sementara untuk bisa menjadi seeding, mereka harus mencapai peringkat empat besar.

“Paling susahnya itu adalah konsistensi. Mungkin, yang (berada) di ranking 1 sampai 4 atau 5, mereka yang paling konsisten belakangan ini. Jadi, kita coba buat mencari konsistennya lagi, apalagi kita terakhir bisa menjuarai All England,” kata Rian.

“Semoga itu bisa menambah kepercayaan diri kita berdua dan ke depannya bisa lebih bagus,” tambahnya.

Indonesia Open 2024 akan menjadi ajang penentuan seeding (unggulan) Olimpiade 2024 Paris.

Selain itu, turnamen ini juga menyediakan hadiah 1,3 juta dolar AS (setara Rp20,6 miliar) yang akan diperebutkan oleh para pemain elite dunia.

Hadiah Fantastis

Turnamen BWF Super 1000 Indonesia Open 2024 yang akan digelar di Istora Senayan Jakarta pada 4-9 Juni mendatang menjadi ajang penentuan seeding (unggulan) Olimpiade 2024 Paris.

Turnamen berhadiah total 1,3 juta dolar AS atau setara Rp20,6 miliar (kurs Rp15.900/dolar) itu diyakini bakal dibanjiri pemain bintang dunia bulu tangkis.

“Kendati point race ke Olympic Paris 2024 sudah berakhir pada akhir April, turnamen Kapal Api Indonesia Open 2024 saya nilai tetap sangat bergengsi dan bakal dibanjiri para pemain bintang untuk datang ke Jakarta,” kata Kepala Bidang Pembinaan Prestasi PP PBSI Ricky Soebagdja dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (2/4/2024).

Selain menjadi salah satu turnamen bergengsi tahun ini dan penentuan seeding Olimpiade Paris, ajang ini juga menyediakan hadiah 1,3 juta dolar AS.

Indonesia Open 2024 diyakini akan menjadi test event terakhir untuk mengukur kekuatan satu sama lain sebelum dihelatnya Olimpiade Paris.

Top committed players sudah pasti turun untuk menghindari denda, juga selain memperebutkan prize money yang menggiurkan dalam jumlah besar, ajang ini bisa dimanfaatkan para pemain sebagai penentuan seeding pada Olimpiade Paris 2024, Juli-Agustus nanti,” kata Ricky.

Ricky melanjutkan, Indonesia sebagai tuan rumah tentu akan menerjunkan seluruh kekuatan terbaiknya.

Nama-nama besar seperti tunggal putra Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting, ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung, ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, dan sejumlah nama lainnya ia sebut siap berlaga di depan publik sendiri.

Baca Juga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya