SOLOPOS.COM - Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Tommy Sugiarto, memastikan langkahnya ke perempat final BWF World Championships 2013 setelah mengalahkan Marc Zwiebler, 21-19, 21-14 di Guangzhou, China, Kamis (8/8/2013) sore WIB. Di perempat final, Tommy akan berjumap ranking satu dunai, Lee Chong Wei dari Malaysia. DokJIBI/Bisnis/Dwi Prasetya

Tommy Sugiarto saat tampil di Djarum Indonesia Open Super Series 2013, beberapa hari lalu. Selepas menjuarai Singapore Open Super Series 2013, kini Tommy mengalihkan perhatiannya ke gelaran Kejuaraan Dunia di Guangzhou, Agustus 2013 mendatang. dokJIBI/Bisnis/Dwi Prasetya

SINGAPURA—Pebulu tangkis Indonesia, Tommy Sugiarto, berambisi tampil di  Kejuaraan Dunia 2013 di Guangzou, China, 5-11 Agustus mendatang.

Kemenangan Tommy di Singapore Open Super Series 2013 membuatnya semakin yakin mampu lolos ke turnamen tepuk bulu tahunan paling bergengsi di dunia itu. Hanya delapan petenis berperingkat teratas dunia yang bisa lolos ke Guangzou. Posisi Tommy untuk mengejar delapan besar dunia belum tertutup, karena saat ini dirinya menduduki ranking ke-13 dunia. Artinya, putra kandung Icuk Sugiarto hanya perlu naik lima tangga lagi untuk lolos ke Guangzou.

“Target utamaku berikutnya adalah Kejuaraan Dunia, Agustus nanti. Sudah menjadi mimpiku bisa menggantikan Taufik [Hidayat], namun saya masih terlalu muda dan jalan yang harus saya lewati masih panjang,” urai Tommy, setelah menjuarai Singapore Open 2013 di Singapura, dilansir todayonline.com, Senin (24/6).

Taufik Hidayat memang pantas menjadi contoh penerusnya yang ingin sukses di Kejuaraan Dunia. Pebulu tangkis Indonesia yang memutuskan pensiun setelah berlaga di Djarum Indonesia Open 2013 tersebut pernah menyabet medali emas Kejuaraan Dunia 2005 di Anaheim. Suami Ami Gumelar itu juga mengoleksi satu medali perak dan dua medali perunggu di turnamen yang digagas Badminton World Federation (BWF) tersebut.

Langkah Tommy untuk menggantikan Taufik sebagai tunggal putra terbaik Tanah Air bisa saja terwujud. Namun, pemain berusia 25 tahun itu tidak boleh terlalu puas dulu. Sebab rival-rival tangguh dari berbagai belahan dunia siap turun di Guangzou, Agustus nanti.

Tak terkecuali peraih dua medali emas Olimpiade secara beruntun, Lin Dan. Pemain berjuluk Super Dan merupakan tunggal putra tersukses sepanjang sejarah Kejuaraan Dunia dengan memperoleh empat medali emas. Maestro bulu tangkis asal China itu akan turun di Guangzou setelah mendapatkan keistimewaan berupa wildcard dari BWF.

Distribusi Perolehan Medali Emas di Kejuaraan Dunia Berdasarkan Negara Asal Pemain

No          NegaraTotal Medali Emas

1              China    53

2              Indonesia           18

3              Denmark            10

4              Korsel                  9

5              Inggris   3

Pebulu Tangkis yang Meraih Minimal Empat Medali Emas di Kejuaraan Dunia

No          PemainNegaraTPa         TPi          GPa        GPi         GC          Total

1              Park Joo-bong   Korsel                               2                            3              5

2              Gao Ling               China                                               2              2              4

3              Lin DanChina     4                                                                      4

4              Cai YunChina                                 4                                          4



5              Fu Haifeng          China                                 4                                          4

Sumber: en.wikipedia.org. (hkt/JIBI)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya