SOLOPOS.COM - Pembalap sepeda Inggris, Sir Bradley Wiggins, saat menerima medal emas di Olimpiade London 2012. DokJIBI/Solopos/Reuters

Solopos.com, LONDON – Juara balap sepeda Tour de France (TdF) 2012, Sir Bradley Wiggins, dianugerahi gelar ksatria oleh Ratu Inggris, Ratu Elizabeth. Pemberian gelar itu dilakukan sendiri oleh Ratu Elizabeth dalam upacara penganugerahan, yang berlangsung di Istana Buckingham Palace, Selasa (10/12/2013) waktu setempat.

Sir Bradley, yang memenangi medali emas pada Olimpiade London 2012 dan menjadi orang Inggris pertama yang memenangi TdF, mendapat anugerah kebangsawanan berkat prestasinya di ajang balap sepeda. Sir Bradley mengaku gelar kebangsawaan itu merupakan penghargaan yang luar biasa bagi dirinya.

Promosi Meniti Jalan Terakhir menuju Paris

“Ini sebenarnya cukup menegangkan. Sejujurnya, saya masih gemetar,” tutur Bradley, yang mengaku gugup saat dianugerahi gelar kebangsawanan oleh Ratu Elizabeth, seperti dilansir BBC, Rabu (11/12).

“Maksud saya, saya merasa sangat rendah di sini. Saya berbicara dengan orang-orang yang mendapat anugerah serupa dan menanyakan pada mereka apakah yang membuat mereka mendapat penganugerhan.”

“Saya memenangi balap sepeda, Anda tahu, dan saya merasa benar-benar lebih rendah di banding orang lain.”

Selain Sir Bradley, dalam gelar kebangsawanan juga diberikan kepada artis asal India, Sir Anish Kapoor. Sementara, pemain kriket Inggris kelahiran Pakistan, Wasim Khan, dianugerahi gelar MBE, bersama dengan musisi dan penulis lagu, PJ Harvey.

Dua anggota tentara juga mendapat penghargaan dalam upacara itu, berkat keberanian mereka dalam tugasnya di luar negeri. Merkea adalah Mayor Matthew Long dan Prajurit Kelas Satu, Andreas Peat, dari Korps Logistik Kerajaan, yang menerima Medali Ratu Citra Kartika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya