SOLOPOS.COM - Pembalap tim Red Bull Max Verstappen menjuarai Grand Prix Arab Saudi di Sirkuit Jeddah Corniche, Jeddah. (27/3/2022) (ANTARA/REUTERS/HAMAD I MOHAMMED)

Solopos.com, JEDDAH—Pembalap tim Red Bull Max Verstappen tampil tercepat di Formula 1 Grand Prix Arab Saudi, Minggu (27/3/2022) malam waktu setempat. Juara dunia itu mencetak poin pertamanya musim ini menyusul kegagalan tim Red Bull yang menderita double DNF di Bahrain sepekan sebelumnya.

Pembalap berusia 24 tahun asal Belanda itu kini menempati peringkat tiga klasemen setelah dua balapan pembuka.

Promosi Liga 1 2023/2024 Dekati Akhir, Krisis Striker Lokal Sampai Kapan?

Ia mengaku perlu kesabaran menaklukkan balapan sepanjang 50 lap melawan pembalap Ferrari Charles Leclerc, yang mendapati rekan satu timnya, Carlos Sainz juga naik podium di peringkat tiga.

Baca Juga: Raih Juara GP Austria, Verstappen Kian Perlebar Jarak dari Hamilton

“Saya sangat senang kami pada akhirnya memulai musim ini,” kata Verstappen dikutip Reuters.

“Kesabaran selalu menjadi kunci,” kata pebalap yang mengawali balapan dari posisi start keempat itu.

“Khususnya ketika Anda ingin memenangi kejuaraan ini, Anda selalu bertarung dengan keras, tapi tentunya harus ingat bahwa Anda perlu mencetak poin, jadi itu yang kami lakukan hari ini. Kami membalap dengan sengit tapi kami juga ingin mencetak poin.”

Baca Juga: Verstappen Rebut Pole Position F1 GP Styria

Verstappen berada di belakang Leclerc pada 10 lap terakhir di Sirkuit Jeddah Corniche akan tetapi ia mendapat keuntungan menggunakan DRS di lintasan lurus dan menyalip sang pembalap Monako pada empat lap terakhir sebelum finis.

Red Bull dan Ferrari tak terpisahkan terlalu jauh di sepanjang balapan hari itu berkat mobil generasi baru 2022 yang mengikuti perombakan regulasi besar-besaran untuk menciptakan balapan yang lebih ketat.

“Kita melihatnya di Bahrain, kita melihatnya di sini. Sepertinya hanya ada sedikit pilihan di antara kita berdua,” kata kepala teknis tim Red Bull Adrian Newey.

Baca Juga: Muncul Satu Lagi Pesaing Mandalika Sebagai Arena Penyelenggaraan MotoGP

“Saya rasa ini akan menjadi perang dalam hal pengembangan [mobil] mulai sekarang, akan tetapi perang pengembangan itu dilakukan dengan satu tangan terikat di belakang karena pembatasan anggaran,” ujarnya.

“Musim kami pada akhirnya mulai setelah kekecewaan akhir pekan kemarin, jadi senang rasanya bisa kembali.”

Bos tim Red Bull Christian Horner mengatakan pertarungan dengan Ferrari cukup berat. “Mereka memiliki mobil yang hebat, pembalap yang luar biasa… apabila itu yang akan mewarnai sisa musim ini, ini akan menjadi epik,” kata Horner.

Baca Juga: Covid-19 Batalkan Balapan Formula 1 GP Singapura

“Kami harus tetap bekerja keras sekarang karena dengan regulasi yang muda dan baru itu langkah-langkahnya akan besar dan cepat dan lawan-lawan kami tidak akan tinggal diam. Kami akan membawa sejumlah pengembangan untuk mobil ini ke depannya.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya