SOLOPOS.COM - Babak semifinal di Kejuaraan Gubernur Cup 2023 di GOR Djarum Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Jumat (17/11/2023). (Antara/Akhmad Nazaruddin Lathif)

Solopos.com, KUDUS – PB Djarum menjadi klub yang paling banyak mengirimkan atlet di kejuaraan bulu tangkis Gubernur Cup 2023 di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, dengan total 133 pemain.

“Kami menurunkan banyak atlet karena lokasi kejuaraan di tempat sendiri sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya perjalanan, penginapan, dan lain-lainnya,” kata Manajer PB Djarum Kudus, Fung Permadi, di Kudus, Jumat (17/11/2023).

Promosi Mimpi Prestasi Piala Asia, Lebih dari Gol Salto Widodo C Putra

Menurut dia, ajang tersebut juga ditujukan untuk menambah poin para atlet, terutama atlet hasil seleksi audisi umum karena peserta dalam kejuaraan tersebut berasal dari berbagai klub bulu tangkis di Tanah Air, termasuk klub-klub besar.

Dari sejumlah atlet yang diturunkan PB Djarum termasuk atlet audisi umum 2023 terutama atlet U-13. Gubernur Cup ini menurut Fung sebagai salah satu evaluasi setelah selama ini mereka melakukan latihan sehingga hasilnya juga akan menjadi bahan penilaian.

Meskipun atlet yang diterjunkan cukup banyak, pihaknya tidak menargetkan bisa menyapu bersih gelar juara di semua kategori karena persaingan juga ketat.

“Kami hanya menekankan kepada atlet untuk bermain maksimal. Apa yang bisa dicapai itu yang terbaik,” ujarnya.

Pasalnya, para pemain binaannya juga banyak mengikuti pertandingan yang jadwalnya begitu rapat, sehingga ada atlet yang kelelahan dan fokus mulai berkurang.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Gubernur Cup 2023 Yuni Kartika mengungkapkan kejuaraan tersebut diikuti 1.255 peserta dari 264 klub bulu tangkis di Tanah Air, di antaranya PB Djarum, PB Jaya Raya, PB Exist, PB Champion Kudus, Sarwendah Badminton Club, PB Mutiara Cardinal Bandung, dan lainnya.

Sementara kategori yang dipertandingkan ada 23 kategori, yakni kategori tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran. Khusus kategori tunggal dewasa putri, ganda dewasa putra, dan ganda dewasa putri tidak dipertandingkan mengingat pesertanya kurang dari delapan peserta.

Untuk kelompok usia yang dipertandingkan yakni usia dini (U11), anak-anak (U13), dan pemula (U15). Selain itu juga untuk atlet remaja (U17), taruna (U19), dan dewasa.

Berdasarkan hasil laga pada Jumat, sejumlah atlet berstatus unggulan di berbagai kategori menunjukkan taji mereka dan berhasil menjejakkan kaki di fase final.

Di antaranya, ganda campuran U-17 asal PB Djarum Theodorus Steve Kurniawan/Leonora Keyla Frandrica yang berstatus unggulan pertama sukses melaju ke final usai mengandaskan perlawanan rekan satu klub Muhammad Lutfhi Habibi/Jane Maira Faiza setelah melakoni drama tiga gim 21-15, 15-21, dan 21-8.

Sementara kategori tunggal putra U-17, terjadi kejutan yang ditunjukkan unggulan ketiga Arga Nugraha Sigfar yang berasal dari Mutiara Cardinal Bandung sukses menghentikan laju Yarits Al Kaaf Rengganingtyas dari PB Djarum yang berstatus unggulan pertama. Arga sampai di final usai menuntaskan laga yang berlangsung tiga gim dengan kemenangan 21-16, 18-21, 21-9.

Kejuaraan Gubernur Cup 2023 berlangsung 13-18 November 2023 di GOR Djarum Jati, Kabupaten Kudus, Jateng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya